JENIS PELAYANAN KEMAHASISWAAN

  1. BIMBINGAN & KONSELING

    Sebelum tahun 2013, pelayanan bimbingan dan konseling dilaksanakan tanpa struktur. Dalam pelaksanaannya, bimbingan dan konseling ditangani langsung oleh Dosen Penasehat (wali akademik). Namun sesuai dengan arahan Rektor c.q. Pembantu Rektor III UNLAM , sejak tahun 2013 pelayanan Bimbingan dan Konseling dilaksanakan oleh tim B&K Fakultas Teknik. Tim ini diketuai oleh Pembantu Dekan III Fakultas Teknik dibantu personil Subbagian Kemahasiswaan FT. Untuk peningkatan pelayanan Bimbingan dan Konseling, pada bulan Oktober 2014 Fakultas Teknik Unlam menugaskan 2 (dua) orang dosen untuk mengikuti pelatihan konselor B & K yang diselenggarakan Rektorat Unlam (Ibu Ir. Retna Hapsari, MT dan Bapak Dr. Mahmud, ST, MT). Setelah mengikuti pelatihan konselor, kedua dosen di atas akan dilibatkan dalam kegiatan Bimbingan & Konseling. Penetapan Tim Pelayanan Bimbingan dan Konseling ini sesuai dengan Surat Keputusan Dekan Fakultas Teknik Unlam nomor : 291/UN8.1.31/KM/2014 tanggal 10 Desember 2014.

  2. MINAT & BAKAT (EKSTRA KULIKULER)

    Kehidupan kemahasiswaan di Fakultas Teknik tidak dapat dipisahkan dari kegiatan berorganisasi. Dalam hal organisasi kemahasiswaan, di Fakultas Teknik  ini mengacu pada Kepmen Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 155 /U/1998 tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi. Organisasi Kemahasiswaan Intra Kampus yang tertinggi di tingkat Fakultas Teknik adalah DPM FT Unlam (sebelumnya bernama BLM) dan BEM FT Unlam. 

    Selain DPM FT dan BEM FT, di tingkat fakultas dibentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang mewadahi berbagai kegiatan bidang minat dan bakat mahasiswa di tingkat fakultas. Sampai tahun 2013, telah berdiri 4 UKM yang telah eksis di Fakultas Teknik Unlam, yaitu UKM Mapala FT Unlam, UKM FKI Ash-Shirat, UKM ArtPedia dan UKM ORBIT. Pada tahun 2014 sedang dirintis pendirian UKM yang mewadahi mahasiswa-mahasiswa yang memiliki minat bakat di bidang ilmiah, UKM ini telah diresmikan pada akhir tahun 2015 dengan nama UKM Teknika Cendikia.

    Di samping pembinaan mahasiswa di tingkat fakultas (dalam bentuk UKM), di tingkat Program Studi juga dilaksanakan pembinaan mahasiswa dalam wadah Himpunan Mahasiswa Program Studi (Hima Prodi). Saat ini terdapat 6 Himpunan Mahasiswa tingkat Program Studi yang berada dalam pembinaan Fakultas Teknik, yaitu : Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMS), Himpunan Mahasiswa Arsitektur (Himars), Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan  (Himasapta), Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (Himatekim), Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (Himateklink), dan Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin (HMTM) dan Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi (HMTI).

    Dalam rangka meningkatkan layanan bagi organisasi kemahasiswaan dalam melaksanakan kegiatan kemahasiswaan, pada tahun 2014 telah disusun Panduan (Prosedur Operasi Standar) yang berisi Pedoman Penyusunan Proposal dan Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan Organisasi Mahasiswa SOP ini disusun oleh Tim Penyusunan SOP Layanan Kemahasiswaan dengan Keputusan Dekan FT Unlam nomor : 292/UN8.1.31/KM/2014. SOP ini telah disosialisasikan dalam Rapat Evaluasi Tahunan Bidang Kemahasiswaan yang dihadiri seluruh perwakilan pengurus BEM-FT, DPM- FT, UKM dan Himpunan Mahasiswa Program Studi di lingkungan Fakultas Teknik Unlam.

    • Pelayanan Minat dan Bakat Bidang Kepecintaalaman

    Pelayanan Mahasiswa di bidang Kepecintaalaman di lingkungan Fakultas Teknik Unlam dilaksanakan melalui pembinaan UKM MAPALA Fakultas Teknik (MFT). UKM ini merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa tertua di Fakultas Teknik, berdiri pada tanggal 24 September 1981. Dalam rangka pembenahan organisasi, pada tanggal 24 September 2013 telah dikeluarkan Surat Keputusan Dekan Fakultas Teknik Unlam Nomor : Kep.294/UN8.1.31/KM/2013 tentang Pembaharuan Dokumen Legalitas Pendirian Unit Kegiatan Mahasiswa “Mahasiswa Pecinta Alam Fakultas Teknik”.

    • Pelayanan Minat dan Bakat Bidang Keagamaan / Kerohanian

    Pelayanan Mahasiswa di bidang Keagamaan / Kerohanian Islam di lingkungan Fakultas Teknik Unlam dilaksanakan melalui pembinaan UKM FKI  As-sirath. UKM ini merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa kedua di Fakultas Teknik, berdiri pada tanggal 28 September 1992. Dalam rangka pembenahan organisasi, pada tanggal 24 September 2013 telah dikeluarkan Surat Keputusan Dekan Fakultas Teknik Unlam Nomor : Kep.294A/UN8.1.31/KM/2013 tentang Pembaharuan Dokumen Legalitas Pendirian Unit Kegiatan Mahasiswa “Forum Komunikasi Islam Ash-Shirath Fakultas Teknik”.

    • Pelayanan Minat dan Bakat Bidang Seni

    Pelayanan Mahasiswa di bidang seni di lingkungan Fakultas Teknik Unlam dilaksanakan melalui pembinaan UKM Seni “ArtPedia” FT Unlam. UKM “ArtPedia” merupakan wadah pembinaan kegiatan mahasiswa Fakultas Teknik Unlam Bidang Seni yang secara resmi berdiri bersamaan dengan UKM ORBIT pada tanggal 15 Juni 2013 yang diterbitkannya Surat Keputusan Dekan Fakultas Teknik No : Kep.178E/UN8.1.31/KM/2013. Penerbitan Surat Keputusan Dekan FT ini didahului Rekomendasi Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Tenik Unlam nomor : 521A/UN8.1.31/KM/2013 tanggal 14 Juni 2013 tentang Pembentukan Unit Kegiatan Mahasiswa UKM “Orbit” dan UKM “ArtPedia”. Pada awal pembentukannya, UKM ArtPedia terdiri dari 4 (empat) divisi yaitu divisi Paduan Suara (VoER – Voice of Engineering Rangers), Divisi Public Speaking, Divisi Musik dan Divisi Fotografi. Sejalan dengan perkembangan, di samping divisi yang telah ada, saat ini UKM ArtPedia juga memiliki divisi Teater, Tari dan Karikatur & Comic-Strip.

    • Pelayanan Minat dan Bakat Bidang Olahraga

    Pelayanan Mahasiswa di bidang olahraga di lingkungan Fakultas Teknik Unlam dilaksanakan melalui pembinaan UKM Olahraga dan Beladiri Teknik (ORBIT). UKM “ORBIT” merupakan wadah pembinaan kegiatan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat dalam Bidang Olahraga dan Beladiri yang secara resmi berdiri pada tanggal 15 Juni 2013 yang diresmikan dengan Surat Keputusan Dekan FT Unlam No : Kep.178D/UN8.1.31/KM/2013. Penerbitan Surat Keputusan Dekan FT ini didahului Rekomendasi Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Tenik Unlam nomor : 521A/UN8.1.31/KM/2013 tanggal 14 Juni 2013 tentang Pembentukan Unit Kegiatan Mahasiswa UKM “Orbit” dan UKM “ArtPedia”. UKM ORBIT terdiri dari 6 (enam) divisi yaitu divisi Sepakbola, Divisi Futsal, Divisi Volley, Divisi Basket, Divisi Badminton dan Divisi Beladiri.

    • Pelayanan Minat dan Bakat Bidang Kompetisi, Hibah dan Kompetensi

    Pelayanan minat bakat di bidang kompetisi, hibah dan kompetisi yang dilakukan Fakultas Teknik antara lain : Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang bermuara di PIMNAS, Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), Program Hibah Bina Desa (PHBD), dan lain-lain. Pelayanan Mahasiswa di bidang kompetisi, Hibah dan Kompetensi di lingkungan Fakultas Teknik Unlam dilaksanakan melalui pembinaan UKM Teknika Cendikia . UKM “TEKNIKA CENDIKIA” ini adalah UKM termuda di FT Unlam, dan merupakan wadah pembinaan kegiatan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat dalam Bidang Kompetisi, Hibah dan Kompetensi yang secara resmi berdiri pada tanggal 30 Desember 2015 yang diresmikan dengan Surat Keputusan Dekan FT Unlam No : Kep.584/UN8.1.31/KM/2015 . Penerbitan Surat Keputusan Dekan FT diterbitkan setelah rangkaian kegiatan yang cukup panjang, diawali inisiasi pembentukan UKM bidang kompetisi dan kompetensi oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FT ULM pada Rapat Koordinasi Tengah Tahun Pembinaan Mahasiswa FT 2015 pada tanggal 17 September 2015,  Program Pembinaan Mahasiswa Bidik Misi Fakultas Teknik Unlam 2015 tanggal 19 November 2015, Rapat Internal Panitia Perintisan/Pembentukan UKM bidang Penalaran Ilmiah pada tanggal 22 Desember 2015, hingga diterbitkannya Rekomendasi Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan & Alumni Fakultas Teknik Unlam nomor : 2037/UN8.1.31/KM/2015 tanggal 28 Desember 2015 tentang Pembentukan Unit Kegiatan Mahasiswa UKM “Teknika Cendikia”. UKM TEKNIKA CENDIKIA terdiri dari 3 (tiga) divisi yaitu divisi Penelitian dan Pengembangan, Divisi Pengembangan Sumberdaya Manusia, dan Divisi Hubungan Masyarakat.

    Adapun untuk kompetisi yang terkait langsung dengan bidang kompetisi Program Studi, Fakultas Teknik Unlam memberikan keleluasaan bagi Program Studi dan Himpunan Mahasiswa Program Studi untuk mengikuti berbagai event, seperti :

    • Program Studi Teknik Sipil dan HMS : Lomba Inovasi Bahan Bangunan, Lomba Navigasi Sungai, dll
    • Program Studi Arsitektur dan HIMARS : Lomba Desain Rumah Intaran, dll
    • Program Studi Teknik Pertambangan dan HIMASAPTA : Indonesian Student Mining Competition (ISMC), South East Asian Mining Student Competition (SEASMC), Kalimantan Student Mining Competition (KSMC),dll
    • Program Studi Teknik Mesin dan HMTM : Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE), Kompetisi Robot Indonesia (KRI), National Welding Competition, dll
    • Program Studi Teknik Kimia dan HIMATEKKIM : Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), dll
  3. PEMBINAAN SOFTSKILLS

    Pembinaan Soft-Skills mahasiswa Fakultas Teknik Unlam diselenggarakan secara bertahap dan berkelanjutan. P2B, Pendidikan Karakter, LKMM tingkat Pra-Dasar dan LKMM tingkat Dasar.

    • Program Persiapan Belajar (P2B)

    Program Persiapan Belajar adalah kegiatan pengenalan kampus yang merupakan suatu upaya memperkenalkan mahasiswa baru pada kegiatan kampus sehingga  mereka akan menjadi lebih cepat untuk beradaptasi dengan kehidupan perguruan tinggi. Materi yang disajikan dalam kegiatan pengenalan kehidupan kampus (Program Persiapan Belajar – P2B) sesuai Keputusan Dirjen Dikti Nomor 38/DIKTI/Kep/2000 tentang Pengaturan Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru di Perguruan Tinggi adalah : Pendidikan tinggi di Indonesia, Kegiatan akademik di perguruan tinggi, Pengenalan nilai budaya, tata krama dan etika keilmuan, Organisasi dan kegiatan kemahasiswaan, Layanan mahasiswa dan Persiapan penyesuaian diri di perguruan tinggi. Di samping itu, dalam kegiatan P2B yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Unlam, terdapat beberapa materi tambahan seperti Bahaya Narkoba Bagi Kehidupan Berbangsa & Negara, Donor Darah, dan Pengenalan Program Hibah Kompetisi bidang Kemahasiswaan.  

    • Pendidikan Karakter

    Untuk memberikan tatanan perilaku mahasiswa yang beretika, Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat telah menetapkan norma-norma dan etika bagi mahasiswa dalam berinteraksi di lingkungan kampus, baik dalam kegiatan akademik maupun sosial yang diatur berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Lambung Mangkurat Nomor Kep. 397/JO8/KM/2002 tentang Pedoman Umum Sikap dan Perilaku Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat, dan Surat Keputusan Rektor Unlam Nomor Kep. 124/H8/KM/2008  tentang Peraturan Civitas Akademika. Peraturan ini mengatur sikap mahasiswa sebagai makhluk Tuhan, anggota masyarakat bangsa, unsur civitas akademika, pebelajar, dan sebagai bagian dari lingkungan hidup. Selain itu, mahasiswa juga mampu menjaga perilakunya, dalam lingkungan kampus, ruang kuliah, dalam hal berbusana, dalam berdandan, dalam bertutur kata, dalam pergaulan, dalam berorganisasi, dalam berdiskusi, dalam berkreasi, dan dalam berurusan di kantor. Proses sosialisasi Pedoman Umum Sikap dan Perilaku Mahasiswa ini dilakukan sejak diterima menjadi mahasiswa baru di fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat melalui kegiatan Program Persiapan Belajar (P2B) . Sejak dini mahasiswa diperkenalkan tatacara berperilaku sebagai seorang akademisi yang menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, kebenaran, serta norma-norma ilmiah. Proses sosialisasi ini dilakukan melalui media cetak, media elektronik, ceramah dan diskusi. Bagi mereka yang melakukan pelanggaran terhadap tata tertib kehidupan kampus akan dikenakan sanksi yang tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku.

    • Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM)

    Pada dasarnya kegiatan pelatihan keterampilan organisasi dan pengkaderan bertujuan agar mahasiswa dan alumni yang mempunyai kemampuan teknis yang sesuai dengan tuntutan masyarakat di masa mendatang. Namun dalam pelaksanaannya, terkadang terdapat hal-hal yang tidak sesuai dengan arahan Pola Pengembangan Kemahasiswaan (Polbangmawa) yang dikeluarkan oleh Ditjen Dikti. Untuk itu, Ditjen Dikti mewujudkan dalam pelatihan ekstrakurikuler yang diberi nama Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM). Agar usaha ini dapat dilakukan secara terarah, maka disusunlah kurikulum LKMM

    Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) merupakan program atau kegiatan yang dirancang untuk memberikan bekal sikap, pengetahuan dan keterampilan manajerial organisasi bagi mahasiswa khususnya yang aktif berorganisasi. Dengan keterampilan tersebut, diharapkan agar mahasiswa dan setelah lulus, tidak hanya menjadi pemimpin yang berwibawa, tetapi juga yang mempunyai kemampuan teknis yang sesuai dengan tuntutan masyarakat di masa mendatang.

    Di FT Unlam, kegiatan LKMM dilaksanakan dalam 2 tingkatan, yaitu LKMM Tingkat Pra-Dasar yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Program Studi dan LKMM Tingkat Dasar yang dilaksanakan oleh BEM-FT Unlam.

    Tujuan LKMM Tingkat Pradasar adalah membekali mahasiswa baru dengan keterampilan dasar dalam berkomunikasi, mengenal potensi diri, mengembangkan sifat kritis dan memposisikan diri secara efektif dalam organisasi kemahasiswaan.

    Tujuan LKMM Tingkat Dasar adalah membekali mahasiswa dengan keterampilan menyelenggarakan kegiatan kemahasiswaan, perencanaan dan sistematika yang baik,

  4. LAYANAN BEASISWA
  5. LAYANAN KESEHATAN

    Layanan kesehatan untuk mahasiswa Fakultas Teknik dan Universitas Lambung Mangkurat dilaksanakan di UMC (Unlam Medical Centre). 2 (dua) lokasi kampus, yaitu di Kampus Banjarmasin dan dan kampus Banjarbaru. Pelayanan kesehatan ini berlangsung selama jam kerja. Selain layanan kesehatan reguler, Unlam juga memberikan pelayanan berupa santunan untuk mahasiswa yang mengalami kecelakaan, sakit dan meninggal dunia. Di samping itu dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan secara massal, Fakultas Teknik selalu bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjar dalam pelayanan kesehatan di tempat, dalam bentuk penugasan paramedis dan ambulans di lokasi kampus Fakultas Teknik Unlam.

  6. INFORMASI & BIMBINGAN KARIR

    Layanan Informasi dan bimbingan karir yang dilaksanakan oleh Fakultas Teknik Unlam dapat diklasifikasikan dalam 3 (tiga) kelompok, yaitu program pelatihan (Pembinaan Persiapan Alumni dalam Memasuki Dunia Kerja),  program rekrutmen kampus (campuss rekrutment) maupun sosialisasi lowongan kerja.

    Program pelatihan yang rutin dilaksanakan Fakultas Teknik Unlam adalah Program “Pembinaan Persiapan Alumni dalam Memasuki Dunia Kerja”, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan dan diselenggarakan sesuai RKA bidang kemahasiswaan (018) bekerjasama dengan narasumber yang berasal dari industri dan konsultan.

    Program rekrutmen yang diselenggarakan bekerjasama dengan beberapa perusahaan dalam 3 (tiga) tahun terakhir, antara lain :

    • Adaro Energy, Tbk
    • Adaro Indonesia
    • Freeport Indonesia
    • Leighton Contractors Indonesia
    • Golden Hope Nusantaa (Sime Derby Group)
    • Minamas Plantation
    • Sapta Indra Sejati
    • Indocement Tunggal Prakarsa
    • Triputra Agro Persada
    • CONCH Cement Indonesia
    • SMART
    • Eternit Gresik
    • Dll

    Program perusahaan yang bekerjasama dengan Fakultas Teknik dalam rangka sosialisasi lowongan pekerjaan dalam 3 (tiga) tahun terakhir, antara lain :

    • DIPO STAR FINANCE
    • FINANSIA MULTI FINANCE
    • Sumber Alfaria trijaya, Tbk
    • GENTING PLANTATION NUSANTARA
    • Conch South Kalimantan Cement
    • EDPMEDIA MULTIMITRA PRIMANSA
    • DANAMON, Tbk
    • BNI, Tbk
    • BERLIAN JASA TERMINAL INDONESIA
    • MATAHARI KAHURIPAN INDONESIA
    • Dll

    Informasi mengenai lowongan kerja, campuss-recruitment dan pelatihan disampaikan melalui surat resmi kepada Program Studi serta ditempel di Papan pengumuman Kemahasiswaan FT Unlam. Selain itu informasi juga disajikan dalam beberapa media sosial seperti :

    • Facebook : www.facebook.com/pd3.ft
    • Twitter : @PD3_FT
    • BBM Channel / Saluran BBM : C003C33DD
    • Internet : www.ft.ulm.ac.id

    Selain melaksanakan program rekrutmen dan pelayanan lowongan kerja yang penyelenggaraannya dilakukan dalam koordinasi Pembantu Dekan III, Fakultas Teknik Unlam, melalui Dekan dan Pembantu Dekan I juga memfasilitasi pemberian rekomendari bagi mahasiswa yang ingin melaksanakan studi lanjut ke jenjang strata-2.

  7. SISTEM PENELUSURAN ALUMNI (TRACER STUDY)

    Tujuan dari program pelacakan alumni antara lain adalah untuk melacak keberadaan alumni dan pekerjaannya. Program pelacakan alumni juga dapat menggali informasi tambahan mengenai kepuasan lulusan, kepuasan pengguna, serta dapat menghimpun potensi alumni.

    Pelacakan alumni di Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat dilakukan dalam berbagai kesempatan dan berbagai tingkatan. Di tingkat universitas, pelacakan alumni dan survey kepuasan pelanggan dilaksanakan oleh Badan Penjamin Mutu (BPM) melalui situs internet www.bpm.ulm.ac.id. Kegiatan tracer study ini dilaksanakan dalam rangka re-akreditasi institusi pada tahun 2014 yang lalu. Di tingkat Progam Studi, pelaksanaan tracer study dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan penyusunan akreditasi program studi serta dalam rangka meng-update kurikulum. Sementara itu, Fakultas Teknik juga melaksanakan kegiatan pelacakan dalam rangka peremajaan database alumni di tingkat Fakultas Teknik. Seluruh data yang didapatkan dari pelaksanaan tracer study dan survey user satisfaction ini kemudian dikompilasi dalam mendapatkan gambaran mengenai alumni dan penggunanya yang saling melengkapi.

    Penyusunan database alumni dilakukan secara multimode, seperti pemberian kuesioner saat lulus dan meminta lulusan baru tersebut untuk mengisi dan mengembalikan kuesioner setelah mereka mulai bekerja, lulusan dilacak melalui wawancara di telepon, ataupun dihubungi melalui e-mail.

    Berdasarkan data hasil pelacakan yang diperoleh dari beberapa fakultas yang telah melakukan tracer study, informasi yang dapat diperoleh meliputi:

    1. Waktu tunggu pekerjaan;
    2. Sektor perusahaan tempat bekerja;
    3. Penghasilan per bulan pertama;
    4. Pengalaman kerja setelah lulus;
    5. Motivasi bekerja;
    6. Kepuasan kerja;
    7. Kompetensi yang berguna dalam pekerjaan;
    8. Kesesuaian antara pekerjaan dan pendidikan;
    9. Pengalaman pembelajaran dalam kaitannya dengan pekerjaan;
    10. Tingkat kepuasan pembelajaran, dan
    11. Usulan bagi perbaikan pembelajaran.

    Hasil dari pelacakan alumni ini selanjutnya akan dipergunakan sebagai umpan balik (feedback) bagi institusi dalam perbaikan dalam proses pendidikan dan pengembangan mahasiswa sehingga lulusan diharapkan dapat lebih memenuhi kualifikasi kebutuhan industri.

    Form Pelacakan Alumni dan Form Kepuasan Pengguna Alumni dapat di-download di sini

Penanggung Jawab Layanan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni

  • Nurhakim, MT (Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan & Alumni)
  • Noor Razikin, ST (Kepala Sub Bagian Kemahasiswaan)
  • H. Salmin (Staff Sub Bagian Kemahasiswaan)
  • Haslinda, SE (Staff Administrasi Sub Bagian Kemahasiswaan

INFORMASI KEMAHASISWAAN

INFORMASI BEASISWA

INFORMASI ALUMNI & KARIR