Pelayanan minat bakat di bidang kompetisi, hibah dan kompetisi yang dilakukan Fakultas Teknik antara lain : Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), Program Hibah Bina Desa (PHBD), Indonesian Student Mining Competition (ISMC), South East Asian Mining Student Competition (SEASMC), National Welding Competition, Kalimantan Student Mining Competition (KSMC), dan berbagai Lomba Karya Tulis Ilmiah (Lomba Inovasi Bahan Bangunan, Lomba Navigasi Sungai, LKTI Teknik Kimia, dll)
Pembinaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Pada akhir tahun 2012, mahasiswa FT yang mengusulkan proposal PKM adalah 122 kelompok. Usulan ini meningkat bila dibandingkan proposal PKM pada tahun 2011 (60 proposal). Dari 122 kelompok tersebut, 17 Proposal PKM didanai DIKTI pada tahun 2013 dengan total dana yang diberikan sebesar Rp 139,3 juta. Tahun 2013, 105 kelompok mahasiswa mengajukan proposal PKM, dan yang dinyatakan layak untuk mendapatkan pendanaan Ditjen Dikti adalah 8 kelompok dengan total dana yang didapatkan sebesar Rp 74,5 juta. Selanjutnya pada tahun 2014, dari 108 kelompok mengajukan proposal PKM, 13 kelompok dinyatakan layak didanai Ditjen Dikti.
Pembinaan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW).

Pada tahun 2013 4 proposal wirausaha didanai dengan total sebesar Rp. 36 juta, dan pada tahun 2014 5 proposal kegiatan wirausaha didanai dengan total dana sebesar Rp. 49,7 juta.
Program Mahasiswa Berprestasi (Mawapres).

Pencapaian terbaik wakil Fakultas Teknik dalam ajang Mawapres tingkat Universitas diraih pada tahun 2013, dimana Anak Agung Sagung Dewi Afiati (dari Program Studi Teknik Mesin) meraih juara II (Runner-Up) Mahasiswa Berprestasi tingkat Universitas Lambung Mangkurat.
Pembinaan Prestasi Mahasiswa dalam Bidang ON MIPA-PT.

Sebelum tahun 2012, pembinaan yang dilakukan Fakultas hanya memberikan sosialisasi mengenai ON-MIPA kepada mahasiswa Fakultas Teknik. Sejak tahun 2013, dilakukan mobilisasi dan koordinasi dalam pengiriman dan pembimbingan mahasiswa yang mengikuti kegiatan ON-MIPA tersebut. Dengan adanya mobilisasi tersebut, pada tahun 2013, 2 orang mahasiswa FT lolos babak regional Kalimantan untuk bidang Matematika dan Fisika. Sementara pada tahun 2014, 3 orang mahasiswa FT lolos babak regional Kalimantan untuk bidang Matematika dan Kimia.
Pembinaan Prestasi Mahasiswa dalam Bidang Debat Bahasa Inggris (NUEDC).

Prestasi terbaik yang diraih mahasiswa Fakultas Teknik adalah pada tahun 2014, dimana Alleuia Victoria Aljonak (dari Program Studi Teknik Pertambangan) menempati 4 besar dalam ajang NUEDC tingkat Unlam. Agar prestasi mahasiswa Fakultas Teknik lebih menonjol di bidang NUEDC, pembinaan kemampuan bahasa Inggris yang sebelumnya dilaksanakan dalam bentuk kelompok informal (Engineering English Club), sejak tahun 2014 pembinaan mahasiswa calon delegasi NUEDC dititipkan dalam divisi Public Speaking yang ada di dalam UKM ArtPedia FT Unlam.
Pembinaan Prestasi Mahasiswa dalam Bidang Kompetisi terkait Kompetensi Program Studi.

Beberapa prestasi telah diraih oleh mahasiswa Fakultas teknik Unlam dalam bidang kompetisi terkait kompetisi, antara lain Indonesian Student Mining Competition (ISMC) pada tahun 2012 dengan meraih Tim Teknik Pertambangan Unlam meraih 2 Medali Emas (Mine Surveying dan Rock Drilling), 2 Medali Perak (Blasting Vibration Analysis dan Bench Blasting) serta 4 Medali Perunggu (Rock & Mineral Identification, Rolling Resistance, Underground Mine Supporting dan Tie In). Keberhasilan ini menempatkan Tim Unlam sebagai Juara II Umum (Runner Up) di bawah Tim ITB, dan mengalahkan 13 Tim perguruan tinggi lain yang berasal dari Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Pada tahun 2013, Khairul Umam (mahasiswa Program Studi Arsitektur) meraih Juara Harapan I dalam ajang Sayembara Desain Arsitektur Nusantara yang diselenggarakan oleh Propan
Dalam ajang South East Asian Mining Student Competition (SEASMC) tahun 2014, tim Teknik Pertambangan meraih Juara 2 Ventilation Duct Hanging, Juara 3 Tie In dan Juara 3 Blasting Vibration Analysis, setelah bersaing dengan perguruan tinggi dari Indonesia, Jepang dan Korea Selatan.
Di tingkat regional, Tim Teknik Mesin meraih Juara III dan Harapan I dalam ajang National Welding Competition Regional Indonesia Timur pada tahun 2013. Di tahun yang sama, Tim Teknik Pertambangan Unlam meraih Juara Umum dalam ajang Kalimantan Student Mining Competition (KSMC).
Pembinaan Prestasi Mahasiswa dalam Bidang Lomba Karya Tulis Ilmiah.

Dalam rangka pembinaan mahasiswanya, Fakultas Teknik Unlam selalu mendorong mahasiswa untuk mengikuti berbagai lomba, khususnya yang berkaitan langsung dengan program studi. Beberapa prestasi yang menonjol antara lain pada tahun 2012, Andika Dwi Oktavianto dan Ayu Ningdya (dari Program Studi Teknik Sipil) meraih Juara II Lomba Inovasi Bahan Bangunan dalam ajang ICEF yang diselenggarakan oleh IPB Bogor. Pada tahun 2013, Wuri Roro Arimbi dan Isna Febri Dini H (dari Program Studi Teknik Kimia) meraih Juara III Lomba Penelitian Mahasiswa Teknik Kimia Indonesia 2013 (LPMTKI-2013) yang diselenggarakan Universitas Diponegoro. Sukses ini berlanjut pada tahun 2014, dimana 2 kelompok dari Teknik Kimia FT Unlam meraih juara I (Hendro Budiarto dan M. Fitrah Afriyadi) dan Juara II (Rowina Lestari dan Rona Juniar Noor) di ajang LPMTKI 2014.
Dalam rangka meningkatkan layanan bagi mahasiswa yang mengikuti kompetisi terkait kompetensi Program Studinya, pada tahun 2014 telah disusun Panduan (Prosedur Operasi Standar) yang berisi Pedoman Penyusunan Proposal Pengiriman Delegasi Mengikuti Kompetisi, Pedoman Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban serta Diagram Alir Proses Pengiriman Delegasi Mahasiswa mengikuti Kompetisi Kompetensi. SOP ini disahkan dengan Keputusan Dekan FT Unlam nomor : 092/UN8.1.31/KM/2015 Tanggal 9 Februari 2015 tentang “SOP Pengiriman Delegasi Mahasiswa mengikuti Kompetisi”.

Leave us a Comment