ORGANISASI KEMAHASISWAAN

Kehidupan kemahasiswaan di Fakultas Teknik tidak dapat dipisahkan dari kegiatan berorganisasi. Dalam hal organisasi kemahasiswaan, di Fakultas Teknik  ini mengacu pada Kepmen Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 155 /U/1998 tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi. Organisasi Kemahasiswaan Intra Kampus yang tertinggi di tingkat Fakultas Teknik adalah BLM FT Unlam dan BEM FT Unlam.

  1. BADAN LEGISLATIF MAHASISWA FT UNLAM
  2. BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA FT UNLAM

UNIT KEGIATAN MAHASISWA 

  1. UKM MAPALA FT UNLAM

    UKM01. MAPALA

    Pelayanan Mahasiswa di bidang Kepecintaalaman di lingkungan Fakultas Teknik Unlam dilaksanakan melalui pembinaan UKM MAPALA Fakultas Teknik (MFT); UKM ini merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa tertua di Fakultas Teknik, berdiri pada tanggal 24 September 1981. Dalam rangka pembenahan organisasi, pada tanggal 24 September 2013 telah dikeluarkan Surat Keputusan Dekan Fakultas Teknik Unlam Nomor : Kep.294/UN8.1.31/KM/2013 tentang Pembaharuan Dokumen Legalitas Pendirian Unit Kegiatan Mahasiswa “Mahasiswa Pecinta Alam Fakultas Teknik” yang didahului dengan penerbitan surat rekomendasi Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik Unlam nomor : 808/UN8.1.31/KM/2013 tanggal 18 September 2013 tentang “Pembaharuan SK Pendirian UKM Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) Fakultas Teknik”. Penerbitan Surat Keputusan ini dipandang perlu dilakukan karena dokumen pendirian UKM MFT turut musnah pada saat terjadi musibah kebakaran Gedung Student Centre Fakultas Teknik Unlam tanggal 16 Agustus 2011. Struktur Organisasi Struktur organisasi UKM Mapala terdiri dari 1 orang Ketua, 1 orang Sekretaris dan 1 orang bendahara dan 3 bidang.

    Kegiatan Internal

    Kegiatan UKM ini dapat dikelompokkan dalam 3 (tiga) divisi, yaitu : Divisi Panjat Tebing, Divisi Gunung Hutan, dan Divisi Caving. Kegiatan Rutin Kegiatan rutin terkait minat bakat yang selalu terselenggara adalah Perekrutan Calon Anggota (Calang), Latihan Dasar (Latdas) dan Latihan Pemantapan Anggota. Sejak berdirinya sampai saat ini telah terselenggara 33 kali Latdas dan Latihan Pemantapan.

    Kegiatan Eksternal

    Selain menjalankan program internal, MFT juga berperan serta aktif dalam berbagai kompetisi / lomba yang diselenggarakan oleh organisasi sejenis. Pada tahun 2013, MFT ditunjuk Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kalsel sebagai tuan rumah Sirkuit Panjat Tebing Regional Kalsel. Di samping kegiatan yang berhubungan langsung dengan visi misi dan tujuan pendirian organisasi-nya, MFT juga rutin menyelenggarakan kegiatan sosial kemasyarakatan, seperti Bakti Sosial, Donor Darah dan berbagai pelatihan (pelatihan Navigasi, Pelatihan Software Autocad, Pelatihan GPS dan Software GIS, dan kegiatan-kegiatan terkait kewirausahaan).

    Prestasi

    Beberapa prestasi yang diraih UKM Mapala FT Unlam antara lain :

    • Peringkat 7 Justicia Wall Climbing Competition IV Mapala FH Unlam pada Bulan Februari 2012,
    • Semifinalis STIE Wall Climbing Tingkat Nasional pada Bulan Mei 2012,
    • Semifinalis Banjarbaru Wall Climbing yang diselenggarakan oleh FPTI Banjarbaru pada Bulan Mei 2012,
    • Juara II Lomba Gabungan Navigasi Darat yang diselenggarakan oleh MAPALA Green Technic Bulan Mei 2012,
    • Juara Point Inti dan Juara II Umum Sylva Fun Orienteering pada Bulan April 2013, dan
    • Juara II Kategori Mapala Lead Putra pada Kejuaraan Panjat Dinding Rector Cup UNISKA Regional Kalimantan pada Bulan Desember 2013
    • . Semifinalis Justitia Row Boat Competition pada Bulan Februari 2014,
    • Finalis Justitia Wall Climbing Competition IV Regional Kalimantan pada bulan Februari 2014,
    • Juara II Kategori Mapala Rector Cup Meratus Fun Wall Climbing Competition 2014 pada Bulan April 2014,
    • Semifinalis Banjarbaru Wall Climbing Competition 2014 pada Bulan Mei 2014,
    • Juara II UNISKA Fun Climbing Competition 2014,
    • Semifinalis 6th Boulder Contest Mapala “Wira Economica” 2014 pada Bulan November 2014
    • Juara I Bakti Lingkungan Perang Sampah dalam kompetisi Sylva Kalimantan Adventure III Se-Indonesia.
  2. UKM FKI ASH-SHIRATH

    UKM02. FKI Ash-Shirath

    Pelayanan Mahasiswa di bidang Keagamaan / Kerohanian Islam di lingkungan Fakultas Teknik Unlam dilaksanakan melalui pembinaan UKM FKI  As-sirath ; UKM ini terbentuk pada bulan 22 September 1992. Kegiatan utama UKM ini adalah melakukan kajian keislaman, taushiyah, tahsin dan pembinaan mahasiswa / anggotanya dalam bidang syiar keagamaan. Dalam melaksanakan kegiatannya, FKI Ash-Shirath juga bersinergi dengan Lembaga Dakwah Kampus (LDK) AMAL dan Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) yang ada di Universitas Lainnya. Selain itu, FKI Ash-Shirat juga aktif dalam Forum Ukhuwah Lembaga Dakwah Kampus Teknik (FULDKT). Forum Ukhuwah Lembaga Dakwah Kampus Teknik (FULDKT) sebagai forum yang menaungi Lembaga Dakwah Kampus Teknik di Indonesia, yang menghimpun pemuda-pemuda terbaik bangsa ini, mempunyai visi ke depan untuk membangun sinergi dakwah Islam dalam peningkatan kompetensi Ilmu Pengetahuan & Teknologi. Partisipasi dan keberadaan FKI Ash-Shirath yang menonjol berdampak pada penetapan FKI Ash-Shirath FT Unlam sebagai tuan rumah Munas FULDKT VI sebagai salah satu hasil MUNAS lV FULDKT Desember 2010 di Surakarta. Sesuai dengan penetapan tersebut Forum Komunikasi Islam Ash-Shirath (FKI Ash-Shirath) Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat menjalankan amanah sebagai tuan rumah Musyawarah Nasional VI FULDKT diselenggarakan di Banjarbaru pada tanggal 28 Maret – 01 April 2013. Sejalan dengan didirikannya Musholla Nur Ilma Mandiri FT Unlam pada tahun 2013, peran serta FKI dalam kegiatan dakwah kampus juga terlihat dengan dilibatkannya FKI Ash-Shirath dalam seleksi dan pengiriman delegasi mahasiswa FT Unlam dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Universitas Lambung Mangkurat yang diselenggarakan pada tahun 2013. Berhubung pelaksanaan MTQM tingkat Universitas Lambung Mangkurat berlangsung setiap 2 tahun, tahun 2014 FKI bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik melaksanakan Seleksi Delegasi Tilawatil Quran dalam rangkaian acara Pekan Ramadhan Teknik 2014. Awal tahun 2015, FKI Ash-Shirath kembali dipercaya sebagai panitia pelaksana seleksi delegasi FT dalam ajang MTQM tingkat Universitas Lambung Mangkurat. Dalam rangka pembenahan organisasi, pada tanggal 24 September 2013 telah dikeluarkan Keputusan Dekan Fakultas Teknik Unlam Nomor : Kep.294A/UN8.1.31/KM/2013 tentang Pembaharuan Dokumen Legalitas Pendirian Unit Kegiatan Mahasiswa “Forum Komunikasi Islam Ash-Shirat Fakultas Teknik” yang didahului dengan penerbitan surat rekomendasi Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik Unlam nomor : 809/UN8.1.31/KM/2013 tanggal 18 September 2013 tentang “Pembaharuan SK Pendirian UKM FKI Ash-Shirat Fakultas Teknik”.

    Untuk pembinaan minat dan bakat di bidang kerohanian bagi mahasiswa selain agama Islam, dilaksanakan dalam bentuk UPK (Unit Pelaksana Kegiatan) berupa peringatan hari-hari besar agama yang dilaksanakan di bawah koordinasi Divisi I BEM-FT UNLAM.

    Prestasi yang diraih mahasiswa Fakultas Teknik antara lain meraih Terbaik III dalam cabang Tilawah Putra pada MTQM Tingkat UNLAM tahun 2013.

  3. UKM ARTPEDIA

    UKM03. ArtPedia

    Pelayanan Mahasiswa di bidang seni di lingkungan Fakultas Teknik Unlam dilaksanakan melalui pembinaan UKM Seni “ArtPedia” FT Unlam. UKM “ArtPedia” merupakan wadah pembinaan kegiatan mahasiswa Fakultas Teknik Unlam Bidang Seni yang secara resmi berdiri bersamaan dengan UKM ORBIT pada tanggal 15 Juni 2013 yang diterbitkannya Surat Keputusan Dekan Fakultas Teknik No : Kep.178E/UN8.1.31/KM/2013. Penerbitan Surat Keputusan Dekan FT ini didahului Rekomendasi Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Tenik Unlam nomor : 521A/UN8.1.31/KM/2013 tanggal 14 Juni 2013 tentang Pembentukan Unit Kegiatan Mahasiswa UKM “Orbit” dan UKM “ArtPedia”. Pada awal pembentukannya, UKM ArtPedia terdiri dari 4 (empat) divisi yaitu divisi Paduan Suara (VoER – Voice of Engineering Rangers), Divisi Public Speaking, Divisi Musik dan Divisi Fotografi. Sejalan dengan perkembangan, di samping divisi yang telah ada, saat ini UKM ArtPedia juga memiliki divisi Teater, Tari dan Karikatur & Comic-Strip. Hal ini dilakukan, selain dalam rangka menampung aspirasi mahasiswa Fakultas Teknik, juga dalam rangka mempersiapkan peserta Pekan Seni Mahasiswa Unlam, Pekan Seni Mahasiswa tingkat Daerah (Peksimida), dan Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas). Kegiatan internal yang dilaksanakan oleh UKM ArtPedia adalah latihan rutin, dengan kalender tahunan menyelenggarakan Pensi FT (pada tahun 2013 kegiatan ini diinisiasi ESICO – Engineering Singing Contest). Prestasi mahasiswa yang membanggakan di bidang seni dalam wadah UKM ArtPedia adalah diraihnya 11 piala pada pelaksanaan Pekan Seni Mahasiswa Unlam pada tahun 2014. Di samping itu, pada pelaksanaan PEKSIMINAS XIII di Palangkaraya pada tahun 2014, 2 mahasiswa Fakultas Teknik turut menjadi delegasi Badan Pembina Seni Mahasiswa Kalsel ke ajang tersebut.

  4. UKM ORBIT

    UKM04. ORBIT

    Pelayanan Mahasiswa di bidang olahraga di lingkungan Fakultas Teknik Unlam dilaksanakan melalui pembinaan UKM Olahraga dan Beladiri Teknik (ORBIT). UKM “ORBIT” merupakan wadah pembinaan kegiatan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat dalam Bidang Olahraga dan Beladiri yang secara resmi berdiri pada tanggal 15 Juni 2013 yang diresmikan dengan Surat Keputusan Dekan FT Unlam No : Kep.178D/UN8.1.31/KM/2013. Penerbitan Surat Keputusan Dekan FT ini didahului Rekomendasi Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Tenik Unlam nomor : 521A/UN8.1.31/KM/2013 tanggal 14 Juni 2013 tentang Pembentukan Unit Kegiatan Mahasiswa UKM “Orbit” dan UKM “ArtPedia”. UKM ORBIT terdiri dari 6 (enam) divisi yaitu divisi Sepakbola, Divisi Futsal, Divisi Volley, Divisi Basket, Divisi Badminton dan Divisi Beladiri. Pembentukan divisi-divisi dalam UKM ORBIT ini dilakukan dalam rangka memberikan wadah untuk menampung aspirasi, minat, bakat mahasiswa Fakultas Teknik, juga dalam rangka mempersiapkan peserta Pekan Olahraga Mahasiswa Unlam, Pekan Olahraga Mahasiswa tingkat Daerah (Pomda), dan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas).

    Kegiatan internal yang dilaksanakan oleh UKM ORBIT adalah latihan rutin, dengan kalender tahunan menyelenggarakan PORTEK (Pekan Olahraga Teknik). Prestasi yang diraih mahasiswa di bidang olahraga ada yang didapatkan dalam wadah UKM ArtPedia ataupun secara individu (mewakili daerah / kabupaten kota / propinsi), hal ini ditunjukkan dengan diraihnya Piala dan sertifikat juara kompetisi olahraga. Selain menjalankan program internal, UKM ORBIT juga berperan serta aktif dalam berbagai kompetisi / lomba yang diselenggarakan oleh berbagai panitia kejuaraan, khususnya di bidang sepakbola dan futsal. Pada pelaksanaan Pekan Olahraga Mahasiswa Unlam pada tahun 2013 Delegasi UKM ORBIT meraih beberapa juara. Pada pelaksanaan POMNAS XIII di Yogyakarta pada tahun 2013, mahasiswa Fakultas Teknik turut serta sebagai delegasi Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Kalsel untuk cabang Bulutangkis setelah melalui serangkaian tahapan seleksi.

    Kegiatan olahraga yang melaksanakan kegiatan rutin mingguan adalah latihan Futsal (hari Selasa dan Jumat), latihan Sepakbola Lapangan (hari Rabu sore), latihan Volley (hari Rabu sore dan Jumat sore), latihan Basket (hari Senin dan Rabu), latihan bulutangkis serta latihan Tae Kwon Do (hari Jumat sore). Namun sejak akhir tahun 2014 latihan rutin Tae Kwon Do untuk sementara tidak dapat terlaksana karena adanya personil yang menangani divisi Tae Kwon Do menyelesaikan studinya di FT Unlam. Pada tahun 2015, latihan beladiri akan juga dilaksanakan untuk cabang Pencak Silat.

    Selain olahraga yang dilaksanakan oleh UKM ORBIT tersebut, mahasiswa Fakultas teknik juga aktif dalam beberapa cabang olahraga lain, seperti renang, kempo dan baseball. Namun untuk sementara ini cabang-cabang olahraga tersebut belum dapat diakomodir secara maksimal dalam UKM ORBIT.

  5. UKM TEKNIKA CENDIKIA

    UKM TEKNIKA CENDIKIA

HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI

  1. HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK SIPIL (HMS)
  2. HIMPUNAN MAHASISWA ARSITEKTUR (HIMARS)
  3. HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK PERTAMBANGAN (HIMASAPTA)
  4. HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK KIMIA (HIMATEKKIM)
  5. HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK LINGKUNGAN (HIMATEKLINK)
  6. HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK MESIN (HMTM)
  7. HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK SIPIL B (HMTS-B)
  8. HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA (HMTI)

INFORMASI KEMAHASISWAAN

INFORMASI BEASISWA

INFORMASI ALUMNI & KARIR