Studio Pemodelan dan Perencanaan Tambang

Studio Pemodelan dan Perencanaan Tambang merupakan salah satu laboratorium di bawah Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat. Pelayanan utama dari Studio ini adalah menjalankan kegiatan Praktikum dan Tugas Besar. Disamping itu Studio Pemodelan dan Perencanaan Tambang juga menyelenggarakan Pelatihan di bidang pertambangan dan tempat mahasiswa menyelesaikan Tugas Akhir / Skripsi. Studio Pemodelan dan Perencanaan Tambang membuka Kesempatan bagi Mahasiswa Program Profesi Insinyur untuk melaksanakan Magang / Praktik Keinsinyuran. Studio Pemodelan dan Perencanaan Tambang juga merupakan Pengelola Youtube Channel Mining ULM.

Studio Pemodelan dan Perencanaan Tambang dirintis sejak tahun 2001 dalam rangka pelayanan terdapat 4 matakuliah komputer di Program Studi Diploma Teknik Pertambangan. Keberadaan Studio ini dimandatkan secara resmi pada tahun 2004 dalam rangka persiapan pendirian Program Studi S1 Teknik Pertambangan FT ULM. Surat Tugas dan Keputusan Pendirian ditandatangani oleh Dekan Fakultas Teknik saat itu Dr. Ir. Rusdi HA, MSc. SK terbaru untuk operasional Studio Permodelan dan Perencanaan Tambang ditandatangani Rektor ULM melalui SK Rektor Nomor 183/DL/2020 tanggal 2 Januari 2020 tentang Laboratorium di Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, Studio Pemodelan dan Perencanaan Tambang memiliki beberapa SOFTWARE BERLISENSI, antara lain Aplokasi MineScape (sebagai tindak lanjut MoU Rektor ULM dengan PT> Datamine, melanjutkan MoU sebelumnya antara Rektor ULM dengan PT. Mitrais Indonesia), Aplikasi ArcGIS (sebagai tindak lanjut kerjasama ULM dengan BIG dan ESRI Indonesia – dalam pelaksanaannya dikoordinasi oleh PPIIG ULM), dan Aplikasi-Aplikasi AutoDesk, anara lain: AutoCAD, Autodesk 3ds Max, Autodesk 3ds Max Design, Autodesk Alias Automotive, Autodesk Alias Design, Autodesk Ecotect Analysis, Autodesk Green Building Studio, Autodesk Impression, Autodesk Inventor Professional, Autodesk Inventor Publisher, Autodesk Maya, Autodesk MotionBuilder, Autodesk Mudbox, Autodesk Navisworks Manage, Autodesk Quantity Takeoff, Autodesk Revit Architecture, Autodesk Revit Structure, Autodesk Robot Structural Analysis Professional, Autodesk Showcase, Autodesk Simulation Multiphysics, Autodesk SketchBook Designer, Autodesk SketchBook Pro, Autodesk Smoke for Mac OS X, Autodesk Softimage,(dalam bentuk Educational Licences)

 

VISI

Menjadi Salah satu Labotarorium / Studio Terbaik di Bidang Simulasi, Komputasi, Pemodelan dan Perencanaan Tambang di Indonesia

MISI

Memberikan Pelayanan Tridharma Perguruan Tinggi, khususnya terkait dengan bidang Simulasi, Komputasi, Pemodelan dan Perencanaan Tambang

Fasilitas

Fasilitas Utama di Studio Pemodelan dan Perencanaan Tambang adalah 20 Unit All-in-one PC yang terhubung dalam network. Di setiap PC minimal telah terinstall Aplikasi ArcGIS Desktop (ArcMap), MineScape dan AutoCAD. 

Selain itu Studio juga memiiki fasilitas lainnya, antara lain : Drone DJI Phantom 4+ Pro, GPS Map Garmin, Printer A3 dan Printer A4 serta Alat Komunikasi.

Rencana Pengembangan

Klik disini

  1. Setiap Masuk / Keluar dari Studio Pemodelan dan Perencanaan Tambang WAJIB mengiri e-Logbook

  2. Berlaku sopan, santun dan menjunjung etika akademik dalam Studio Pemodelan dan Perencanaan Tambang.

  3. Menjunjung tinggi dan menghargai staf laboratorium dan sesama pengguna Studio Pemodelan dan Perencanaan Tambang.

  4. Menjaga kebersihan dan kenyamanan ruang Studio Pemodelan dan Perencanaan Tambang.

  5. Dilarang menyentuh, menggeser dan menggunakan peralatan di Studio Pemodelan dan Perencanaan Tambang selain yang tertulis pada formulir peminjaman alat pada waktu yang tertulis.

  6. Membersihkan peralatan yang digunakan sebelum mengembalikan peralatan tersebut ke Studio Pemodelan dan Perencanaan Tambang.

  7. Menggunakan Dress Code sesuai dengan aturan akademik yang berlaku.

CATATAN :

SELAMA PANDEMI COVID-19 WAJIB MEMATUHI PROTOKOL KESEHATAN

Kepala Studio

  1. Merencanakan kegiatan penelitian, pendidikan dan pengabdian masyarakat di Studio.

  2. Menyusun rencana operasional dan pengembangan Studio.

  3. Memberikan layanan pada sivitas akademika untuk melakukan pengembangan ilmu dan teknologi.

  4. Menyiapkan jadwal dan mengkoordinasikan semua kegiatan akademik Studio.

  5. Melakukan pembinaan kepada anggota Studio.

  6. Menjalin kerjasama dengan pihak luar dalam rangka source sharing dan pemberdayaan Studio.

  7. Melakukan pemantauan dan evaluasi atas ketersediaan prasarana dan kegiatan di Studio.

  8. Melaporkan kegiatan sekurang-kurangnya tiap semester pada Dekan.

  9. Melakukan koordinasi dengan Kepala Kelompok Bidang Keahlian sehubungan dengan kegiatan belajar-mengajar dan proses pengembangan ilmu.

Instruktur 

  1. Melakukan persiapan pelaksanaan praktikum di Studio.

  2. Melakukan Instruktursi dalam pelaksanaan praktikum di Studio.

  3. Menjaga ketertiban dan kelancaran jalannya praktikum di Studio.

  4. Membantu Laboran dalam mendampingi mahasiswa yang melakukan penelitian.

  5. Melaksanakan tugas yang diberikan oleh Kepala Studio.

  6. Menjaga kebersihan Studio.

  7. Melaksanakan tugas yang diberikan oleh Kepala Studio.

  8. Bertanggung jawab kepada Kepala Studio langsung.

Studio Pemodelan dan Perencanaan Tambang memberikan layanan kepada Mahasiswa, Dosen, dan Pengguna Eksternal dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

  1. Pelayanan Pendidikan

Melaksanakan pelayanan terhadap praktikum reguler yang dilaksanakan sesuai dengan matakuliah yang sedang berjalan baik praktikum, kerja praktik, tugas akhir dan pengabdian masyarakat.

  1. Pelayanan Penelitian

Melaksanakan pelayanan penelitian baik institusi maupun luar institusi sesuai dengan aturan yang berlaku terhadap pelayanannya.

  1. Pelayanan Pihak Luar

Melaksanakan pelayanan baik penyewaan alat maupun jasa sesuai tarif dan aturan serta ketentuan yang berlaku di Universitas Lambung Mangkurat

Prestasi di bawah pembinaan Studio Pemodelan dan Perencanaan Tambang :

  • Juara Harapan I – GIS Mini Project Competition (GMPC) 2022

    Penyelenggara : Universitas Pendidikan Ganesha
    Judul : Aplikasi Sistem Informasi Geografis dalam Pemetaan Jalan Alternatif di Kawasan Banjarbaru Untuk Antisipasi Daerah Rawan Tergenang Banjir 
    Tim : Redgen Astro (Muhammad Akram, Yahdy Al Kamal Amka, Muhammad Taufiq Hidayatullah) – SJ Gen 2/3
    Pembimbing : Ir. Nurhakim, S.T., M.T., IPM

  • Juara Harapan III – GIS Mini Project Competition (GMPC) 2022

    Penyelenggara : Universitas Pendidikan Ganesha
    Judul : Pemanfaatan SID dalam Analsis Spasial Daerah Rawan Longsor di Jalan Trans Kalimantan yang Berdekatan Dengan Lokasi Tambang 
    Tim : Corundum (Darwin Berutu, Aria Aji Prayudi, Muhammad Arif Akbar ) – SJ Gen 3
    Pembimbing : Ir. Nurhakim, S.T., M.T., IPM 

  • Finalis – GIS Mini Project Competition (GMPC) 2022

    Penyelenggara : Universitas Pendidikan Ganesha
    Judul : Optimalisasi Penggunaan GIS pada Analisis Resiko Longsor Di Area PLTA. IR. PM NOOR Riam Kanan Kalimantan Selatan
    Tim : Redgen (Ariansyah, Khusnul Qhatimah, Annisa Akcaya Putri ) – SJ Gen 2/3
    Pembimbing : Ir. Nurhakim, S.T., M.T., IPM 

  • Finalis – CARDECO 2022

    Penyelenggara : HMPG Universitas Negeri Yogyakarta
    Tim : Gawisabumi (Muhammad Donny Al Farez, Annisa Akcaya Putri, Ria Virnanda) – SJ Gen 2/3
    Pembimbing : Ir. Nurhakim, S.T., M.T., IPM, Karina Shella Putri, S.T., M.T., dan Ir. Ahmad Ali Syafi’i, S.T., M.T.

  • Finalis – CARDECO 2022

    Penyelenggara : HMPG Universitas Negeri Yogyakarta
    Tim : Greyrats (Muhammad Taufiq Hidayatullah, Ariansyah, Khusnul Qhatimah) – SJ Gen 3
    Pembimbing : Ir. Nurhakim, S.T., M.T., IPM, Karina Shella Putri, S.T., M.T., dan Ir. Ahmad Ali Syafi’i, S.T., M.T.

  • Juara 2 – Story Map Competition antar Siswa SMA/SMK Nasional 

    Penyelenggara : Universitas Esa Unggul – Badan Informasi Geospasial
    Judul : Story Maps Wisata Edukasi Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan
    Tim :  Muhammad Beryl F H (DA Pramuka SMAN 3 Banjarbaru)
    Pendamping : Ir. Nurhakim, ST, MT, IPM

  • Runner Up – Map Your Community, Country Level (Indonesia) 2022

    Penyelenggara : Humanitarian OpenStreetMap Team – Asia Pasific
    Tim : Ir. Nurhakim, ST, MT, IPM

  • Juara 2 – GIS Mini Project Competition (GMPC) 2021 

    Penyelenggara : Universitas Pendidikan Ganesha
    Judul : Pemanfaatan Foto Udara Untuk Penyusunan Peta Desa dan Pemetaan Potensi Desa Berbasis Sistem Informasi Geografis
    Tim : ULM-C (Adi Saputra, Muhammad Akram, Prederick Fajarsun Michael) –
    SJ Gen 2
    Pembimbing : Ir. Nurhakim, ST, MT, IPM & Karina Shella Putri, ST, MT

  • Finalis – GIS Mini Project Competition (GMPC) 2021

    Penyelenggara : Universitas Pendidikan Ganesha
    Judul : Aplikasi SIG dan Citra Sentinel Untuk Mengidentifikasi Sebaran Banjir; Studi Kasus : Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan
    Tim : ULM-A (Hendy Rahmino Kurniawan, Muhammad Iqbal dan Annisa Akcaya Putri) –
    SJ Gen 2
    Pembimbing : Ir. Nurhakim, ST, MT, IPM & Karina Shella Putri, ST, MT

  • Juara 4 – University Battle Mapping 2021 

    Penyelenggara : Perkumpulan OpenStreetMap Indonesia
    Tim : Kayuh Baimbai (Endro Kuncoro & Willy J Hutagaol) –
    SJ Gen 1
    Pembimbing : Ir. Nurhakim, ST, MT, IPM

  • Juara 3 – Student Paper Contest KSMC 6

    Penyelenggara : Universitas Lambung Mangkurat
    Judul : Pemodelan Spasial Bahaya dan Kerentanan Bencana Tanah Longsor dengan Metoda AHP Berbasis SIG
    Tim : Kayuh Baimbai (Endro Kuncoro, Erviany Indira Rismayanti, Irfani Rahman) – SJ Gen 1
    Pembimbing : Ir. Nurhakim, ST, MT, IPM

  • The Most Favorite Poster – COMPAS (Competition of Mapping and Analysis) 2021

    Penyelenggara : Geosentrics HIMAGE Institus Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya
    Judul : GIS-Based Geospatial Analysis of Land Cover Change and Vegetation in Banjarmasin City, South Kalimantan
    Tim : WSK Team (Endro Kuncoro, Erviany Indira Rismayanti, Irfani Rahman) – SJ Gen 1
    Pembimbing : Ir. Nurhakim, ST, MT, IPM

Kampus Merdeka

Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempaatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan.

Implementasi Kampus Merdeka di Studio Pemodelan dan Perencanaan Tambang 

– Pertukaran Mahasiswa

2020/2021 Pelaksanaan Perkuliahan MBKM Internal Tingkat Universitas Lambung Mangkurat (Kerjasama FISIP – FT – FPIK) – Matakuliah Survei Hidrografi  dan GPS, Jumlah Peserta dari luar Fakultas Teknik ULM = 47 Orang

2021/2022 Pelaksanaan Perkuliahan MBKM – Matakuliah Sistem Informasi Geografis Pertambangan, Jumlah Peserta dari luar Universitas Lambung Mangkurat = 7 Orang 

2022/2023 Pelaksanaan Perkuliahan MBKM – Matakuliah Sistem Informasi Geografis Pertambangan, Jumlah Peserta dari luar Universitas Lambung Mangkurat = 17 Orang

– Studi / Proyek Independen

2022/2023 Pelaksanaan Program MBKM Studi / Proyek Independen = 1 

 

 

 

Studio Pemodelan dan Perencanaan Tambang membuka Kesempatan bagi Mahasiswa Program Profesi Insinyur untuk melaksanakan Magang / Praktik Keinsinyuran. Adapun Mahasiswa Program Studi Program Profesi Insinyur Universitas Lambung Mangkurat yang melaksanakan praktik keinsinyuran adalah :
1. Firmansyah (PSPPI Reguler Angkatan I – 2020)
2. Ahmad Ali Syafi’i (PSPPI Reguler Angkatan II – 2021)

SOP-MODREN-01 : PEMINJAMAN ALAT

a. Prosedur Pelayanan Studio Pemodelan dan Perencanaan Tambang

  1. Pelayanan Studio Pemodelan dan Perencanaan Tambang terdiri dari peminjaman alat dari Studio.

  2. Petugas pelayanan Studio adalah Teknisi .

  3. Pemohon kegiatan Studio adalah dosen Teknik Pertambangan ULM.

  4. Pengguna adalah mahasiswa atau pihak yang menggunakan alat.

  5. Pemohon mengisi izin kegiatan keseluruhan rangkaian kegiatan seperti praktikum satu semester atau penelitian satu bulan yang dapat diakses di …. paling lambat sehari sebelum peminjaman (kecuali untuk kegiatan yang insidentil yang disetujui Kepala Studio).

  6. Izin kegiatan tersebut diketahui dan disteujui Kepala Studio

  7. Pemohon atau pengguna mengisi formulir peminjaman alat yang dapat diakses di ….. pada waktu tiga hari sebelum peminjaman (kecuali untuk kegiatan yang insidentil yang disetujui Kepala Studio).

  8. Pemohon atau pengguna menemui petugas pelayanan Studio untuk peminjaman alat Studio di waktu operasional Studio.

  9. Waktu operasional Studio yaitu setiap hari Senin-Jumat, pukul 08.00-16.00 di luar tanggal merah seperti Hari Libur Nasional kecuali ada kesepakatan dengan petugas Teknisi.

  10. Di luar waktu operasional, petugas pelayanan Studio berhak mendapatkan tambahan penghasilan / jasa.

    b. Prosedur Peminjaman Alat untuk Praktikum

  1. Peminjaman alat untuk praktikum hanya diperkenankan di waktu operasional Studio di hari yang sama (alat harus kembali sebelum Studio ditutup).

  2. Pengguna menemui petugas pelayanan Studio untuk melakukan peminjaman alat.

  3. Alat yang akan dipinjam pengguna merupakan alat yang diisi oleh pengguna di laman …. dan sesuai dengan daftar alat praktikum yang diisi pemohon di laman …. 

  4. Pengguna menyerahkan kartu tanda pengenal (KTP/SIM/KTM) pengguna dengan nama sesuai dengan yang diisi pengguna di laman ….. kepada petugas pelayanan Studio .

  5. Petugas Teknisi mengambil alat dari tempat alat dan menunjukkan alat tersebut kepada petugas pelayanan Studio.

  6. Petugas pelayanan Studio memeriksa kesesuaian isi formulir yang diisi di laman ….. dengan nama yang tertera di kartu tanda pengenal dan alat yang ditunjukkan pengguna.

  7. Petugas pelayanan Studio menandai telah terjadinya serah terima alat dan memberikan nomor peminjaman dengan format XY-F-Z, dengan X adalah tanggal peminjaman (dua digit), Y adalah bulan peminjaman (dua digit), Z adalah nomor formulir yang dikeluarkan di tanggal tersebut (dua digit).

  8. Petugas pelayanan Studio menyerahkan alat ke pemohon sesuai yang tertulis di formulir peminjaman alat.

  9. Petugas pelayanan Studio dan/atau asisten praktikum memeriksa setiap bagian alat sebelum keluar dari Studio yang tertera di formulir cek bagian alat.

  10. Pengguna membersihkan peralatan sebelum mengembalikan alat ke Studio.

  11. Petugas pelayanan Studio dan/atau asisten praktikum memeriksa setiap bagian alat setelah masuk ke Studio yang tertera di formulir cek bagian alat.

  12. Petugas pelayanan Studio menyerahkan kartu tanda pengenal kepada pengguna dengan foto yang sesuai pada tanda pengenal dan menandai proses peminjaman alat pada formulir tersebut telah usai setelah memastikan alat kembali dalam keadaan bersih dan setiap bagian alat kondisinya sama dengan ketika dipinjam.

  13. Dosen pengampu matakuliah dan mahasiswa bertanggung jawab atas alat yang dipinjam.

   c. Prosedur Peminjaman Alat untuk Keperluan Lainnya

  1. Peminjaman alat untuk keperluan lainnya hanya diperkenankan kerja praktek, tugas akhir, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang melibatkan paling sedikit satu dosen dan mahasiswa aktif PSTP FT ULM

  2. Bagi pengguna professional atau pihak luar diperkenankan menyewa baik alat maupun jasa sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam SK Tarif Layanan Dasar Universitas Lambung Mangkurat.

  3. Pengguna menemui petugas pelayanan Studio untuk melakukan peminjaman alat

  4. Alat yang akan dipinjam pengguna merupakan alat yang diisi oleh pengguna di laman ….. dan sesuai dengan daftar alat praktikum yang diisi pemohon di laman …..

  5. Pengguna menyerahkan kartu tanda pengenal (KTP/SIM/KTM) pengguna dengan nama sesuai dengan yang diisi pengguna di laman ….. kepada petugas pelayanan Studio

  6. Pengguna mengambil alat dari tempat alat dan menunjukkan alat tersebut kepada petugas pelayanan Studio

  7. Petugas pelayanan Studio memeriksa kesesuaian isi formulir yang diisi di laman ….. dengan nama yang tertera di kartu tanda pengenal dan alat yang ditunjukkan pengguna

  8. Petugas pelayanan Studio menandai telah terjadinya serah terima alat dan memberikan nomor peminjaman dengan format XY-G-Z, dengan X adalah tanggal peminjaman (dua digit), Y adalah bulan peminjaman (dua digit), Z adalah nomor formulir yang dikeluarkan di tanggal tersebut (dua digit).

  9. Petugas pelayanan Studio menyerahkan alat Studio ke pemohon sesuai yang tertulis di formulir peminjaman alat.

  10. Petugas pelayanan Studio dan/atau asisten praktikum memeriksa setiap bagian alat sebelum keluar dari Studio yang tertera di formulir cek bagian alat.

  11. Pengguna membersihkan peralatan sebelum mengembalikan alat ke Studio.

  12. Petugas pelayanan Studio dan/atau asisten praktikum memeriksa setiap bagian alat setelah masuk ke Studio yang tertera di formulir cek bagian alat.

  13. Petugas pelayanan Studio menyerahkan kartu tanda pengenal kepada pengguna dengan foto yang sesuai pada tanda pengenal dan menandai proses peminjaman alat pada formulir tersebut telah usai setelah memastikan alat kembali dalam keadaan bersih dan setiap bagian alat kondisinya sama dengan ketika dipinjam.

    CATATAN :

    SAAT INI LAYANAN C TIDAK DILAKSANAKAN

SOP-MODREN-02 : PREFLIGHT & FLIGHT CHECKING

Sebelum Menggunakan Layanan FT ULM

Sebelum Menggunakan Layanan FT ULM, Pastikan sudah melaksanakan prosedur di bawah ini

1) Siapkan File bukti pengisian kuesioner FT ULM periode semester berjalan sebelum mengisi Formulir Pengajuan.
Apabila belum melakukan pengisian kuesioner FT ULM, silahkan mengisi melalui : https://ft.ulm.ac.id/id/tracer/ (pilih menu kuesioner sesuai status ) atau melalui :
https://ft.ulm.ac.id/id/kuesioner-dosen/ (untuk dosen)
https://ft.ulm.ac.id/id/kuesioner-tenaga-kependidikan/ (untuk tendik)
https://ft.ulm.ac.id/id/kuesioner-mahasiswa/ (untuk mahasiswa)

2) Daftar nama yang disediakan pada form ini maksimal 5 orang.
Apabila nama yang diajukan lebih dari 5 orang, silahkan isi form Lampiran yang telah disediakan, cetak/convert menjadi file *PDF lalu kemudian upload pada form ini.

3) Karena sekaligus berfungsi sebagai pencatatan absensi “DINAS LUAR”, maka waktu pelaksanaan yang diajukan pada Surat Tugas Melaksanakan Penelitian/Pengabdian kepada Masyarakat atau Melaksanakan Kegiatan Kerjasama harap disesuaikan dengan
durasi/lamanya pengusul tidak dapat bertugas di Kampus FT ULM.

4) Untuk cek status proses surat yang diajukan, klik : https://bit.ly/Kendali_ST

Note :
Izin tidak masuk kerja dengan alasan PRIBADI (bukan keperluan dinas) dan SAKIT diajukan
secara online melalui https://ft.ulm.ac.id/id/layanan/ atau melalui link berikut ini.
1) untuk tenaga pendidik (dosen) : https://ft.ulm.ac.id/id/perizinan-dosen/
2) untuk tenaga kependidikan : https://ft.ulm.ac.id/id/perizinan-tendik/

 

Layanan FT ULM

 

Pemantauan Setelah Menggunakan Layanan FT ULM

Ir. Nurhakim, ST, MT, IPM
Kepala Studio Pemodelan dan Perencanaan Tambang

 

Yoga Ardiwinoto
Asisten Studio Pemodelan dan Perencanaan Tambang

Irfani Rahman
Asisten Studio Pemodelan dan Perencanaan Tambang

Erviany Indira Rismayanti
Asisten Studio Pemodelan dan Perencanaan Tambang

Endro Kuncoro
Asisten Studio Pemodelan dan Perencanaan Tambang

DOSEN :

  • Ir. Nurhakim, ST, MT, IPM

  • Hafidz Noor Fikri, ST, MT

  • Sari Melati, ST, MT

  • Karina Shella Putri, ST, MT

  • Annisa, ST, MT

  • Eko Santoso, ST, MT

  • Ir. Ahmad Ali Syafi’i, ST, MT

ABITURIEN :

  • Arif Almustofa, ST

  • Erwin Ramadhan, ST

  • Ferry Verali, ST

  • Ismu Rizal Wahyu, ST

  • Anggodo, ST

  • Khairi Ramdhani, ST

  • Muhammad Reza, ST

  • Suhudi, ST

  • Tita Zhafira, ST

  • Vina Wulandari, ST

  • Wahyudi Pratama Putra Sangadji, ST

  • Erviany Indira Rismayanti , ST

  • Yoga Ardiwinoto, ST

  • Irfani Rahman, ST

  • Endro Kuncoro, ST

  • Erick, ST

  • Muhammad Faisal Abdi, ST

  • Muhammad Rizal Ramadani, ST

Komunitas :

Manual Book

Tutorial

Programming :

[1] Python 3.8.8 Documentation. Tersedia: tautan.

[2] Python PEP 008 – Style Guide for Python Code. Tersedia: tautan. 

[3] PEP 257 – Docstring Conventions. Tersedia: tautan. 

[4] Pengantar Informal tentang Python. Tersedia: tautan. 

[5] Tipe Bawaan pada Python. Tersedia: tautan.

[6] Data Model pada Python. Tersedia: tautan. 

[7] Format String Syntax. Tersedia: tautan.

[8] Literals. Tersedia: tautan.

[9] Al Sweigart, “Automate the Boring Stuff with Python, 2nd Edition: Practical Programming for Total Beginners”. 2019. No Starch Press. Chapter 4 dan Chapter 6. Tersedia: tautan.

[10] Jakub Przywóski, Python Reference  (The Right Way). Tersedia: tautan.

[11] W3schools Python Tutorial. Tersedia: tautan.

Peraturan Perundangan / JDIH :

Cara Sitasi :

Login :

KAB. BALANGAN | KAB. BANJAR | KAB. BARITO KUALA | KAB. HULU SUNGAI SELATAN | KAB. HULU SUNGAI UTARA | KAB. HULU SUNGAI TENGAH | KAB. KOTABARU | KAB. TABALONG | KAB. TANAH BUMBU |  KAB. TANAH LAUT | KAB. TAPIN |  KOTA BANJARBARU | KOTA BANJARMASIN

Dirintis sejak tahun 2001, Studio Pemodelan dan Perencanaan Tambang telah beberapa kali pindah lokasi. Lokasi pertama berada di sebelah utara selasar utama Gedung Fakultas Teknik ULM Banjarbaru (LoE  : 3° 26′ 43.19″ S 114° 50′ 26.84″ E  –  saat ini menjadi Perpustakaan dan Ruang Baca Fakultas Teknik), kemudian menempati Ruangan di Lantai 2 Gedung Laboratorium Teknik Pertambangan (LoE  : 3° 26′ 43.04″ S 114° 50′ 24.34″ E ) , dan sejak 1 Juli 2022, Studio Pemodelan dan Perencanaan Tambang menempati Sisi Utara Lantai 2 Gedung Baru Laboratorium Terpadu Teknik Pertambangan (LoE  : 3° 26′ 43.55″ S 114° 50′ 25.22″ E ). 

 

Layanan

Know Us Better

Research & Com-Dev Programmes

AGOL based

myMaps

2020 : S. Kalimantan – Tourist Attraction

2021 : Banjarmasin – Flood

2021 : Tanah Laut – Landslide

Pergi ke Atas