Mahasiswa FT mengikuti Youth Cultural and Educational Exchange (YCEE) di Turki

Mahasiswa FT mengikuti Youth Cultural and Educational Exchange (YCEE) di Turki

Naufal Abdulbari mahasiswa Fakultas Teknik dari Program Studi Teknik Pertambangan angkatan 2015 pada bulan november 2018 terpilih untuk mengikuti Youth Cultural and Educational Exchange (YCEE) yang dilaksanakan di Istanbul, Turki pada minggu pertama Februari 2019. Keikutsertaan Naufal ini, sejalan dengan program kemristekdikti ‘Hexagonal Kegiatan Kemahasiswaan’ khususnya bidang F (internasionalisasi). Partisipasi Naufal ini tentu sejalan dengan 2 kata kunci utama dalam visi Universitas Lambung Mangkurat yaitu terkemuka dan berdaya saing.

Sejak beberapa tahun terakhir, ULM, khususnya Fakultas Teknik sangat mendorong dan mendukung mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan antar-bangsa, khususnya di benua Asia. Jepang, China, India, Thailand, Singapura, Malaysia adalah beberapa negara yg telah menjadi tujuan pengiriman mahasiswa FT. Tahun 2019 ini, di awal kepemimpinan Dekan periode 2018-2022,Fakultas Teknik kembali mengirimkan mahasiswa ke luar negeri untuk mengembangkan wawasan dan cakrawala berfikir mahasiswanya. Kali ini, tujuannya adalah Turki, satu negara yang berada di ‘dua benua’, Asia rasa Eropa. Dengan kehadiran Naufal di ujung barat benua Asia ini, mengukuhkan pola pengembangan mahasiswa (Polbangmawa) FT yang secara ringkas dirangkum dalam dua tagar, yaitu #TeknikBukanSekedarTempatKuliah dan #TeknikMendunia.

Kegiatan Naufal di Turki cukup padat, karena disamping mengunjungi beberapa tempat dalam sesi Cultural Tour dan University Tour, Naufal juga harus menyiapkan esai dan tampil saat mengikuti sesi Public Discussion. Setelah kembali ke Indonesia, tugas Naufal juga belum selesai, karena masih harus membuat video pendek “Jejak Naufal” dan melakukan presentasi / diseminasi kegiatan kepada teman dan juniornya. Kewajiban diseminasi kegiatan oleh mahasiswa yg berpartisipasi dalam kegiatan internasional ini telah menjadi tradisi di FT ULM. Adapun tugas lain yg bakalan dikerjakan oleh Naufal adalah memberikan motivasi kepada mahasiswa baru FT ULM pada kegiatan PKKMB 2019, seperti para seniornya yang telah terlebih dahulu mengibarkan panji FT di mancanegara (nhk).

Nurhakim

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan

This Post Has One Comment

Comments are closed.