Penyusunan Masterplan Kawasan Air Santri di Murung Kenanga Kabupaten Banjar

Penyusunan Masterplan Kawasan Air Santri di Murung Kenanga Kabupaten Banjar

Hari ini telah terlaksana ekspos awal Penyusunan Masterplan Kawasan Air Santri di Murung Kenanga Kabupaten Banjar. Kegiatan ini terwujud berdasar Nota Kesepahaman kerjasama swakelola antara Dinas Perumahan Permukiman Kabupaten Banjar dengan Fakultas Teknik ULM. Secara intensif penyusunan produk masterplan dikelola dan dikoordinasikan oleh Laboratorium Perumahan Permukiman dan Studio Digital Arsitektur FT ULM.

Sebagai tahap awal paparan hasil kajian data eksisting, potensi dan kendala kawasan serta komponen tujuh indikator kumuh menjadi landasan penyusunan sebagai upaya meningkatkan nilai lokasi dan merubah wajah kawasan menjadi lebih berkarakter.

Kegiatan koordinasi dan pemetaan potensi serta program kegiatan dinas-dinas yang ada di Kabupaten Banjar ini dihadiri perwakilan Bappeda dan Litbang Kabupaten Banjar, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Penataan Ruang dan Pekerjaan Umum, perwakilan dari Kecamatan dan Kelurahan, Technical Management Unit, UP OSP 6 Kalimantan Selatan, tim Kota Tanpa Kumuh Kab Banjar serta dinas terkait lainnya.

Pada paparan yang disampaikan oleh Dr. Ira Mentayani dan Dr. Irwan Yudha Hadinata terpetakan kekuatan kawasan Murung Kenanga sekaligus kemampuan kawasan sebagai trigger yang mampu menjadi landmark kawasan di area tepi sungai dengan nuansa kehidupan para santri di sekitarnya. Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Perguruan Tinggi terhadap pembangunan daerah sehingga bisa saling sejalan dalam menata ruang kehidupan serta lingkungan menjadi lebih baik.