PKM FT Goes to PIMNAS 32

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu upaya Ditjen Belmawa Kemenristekdikti dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. Dalam rangka mensukseskan program Ditjen Belmawa ini, sejak beberapa tahun terakhir Fakultas Teknik mengagendakan kegiatan reguler yang dinamakan FT Goes to PIMNAS. Target dari pengusulan PKM tahun 2018 untuk pendanaan tahun 2019 ini adalah PIMNAS 32, untuk itu program ini disebut *PKM FT Goes to PIMNAS 32*.

Rangkaian kegiatan ini dimulai dengan sosialisasi pada tanggal 7 September 2018. Setelah sosialisasi dilaksanakan, rangkaian selanjutnya adalah pengumpulan pra-proposal ke sekretariat UKM Teknika Cendekia yang berlangsung hingga tanggal 15 Oktober 2018, dilanjutkan dengan evaluasi awal selama 1 minggu. Setelah di-evaluasi, pra-proposal kemudian dipilah menjadi beberapa kelompok; pra-proposal yang layak dan formatnya telah sesuai dengan panduan, pra-proposal yang layak dan formatnya belum sesuai dengan panduan, pra-proposal yang belum layak serta pra-proposal yang terindikasi terdapat kecurangan (plagiasi, dll).

Setelah melalui berbagai saringan internal ini, dari ratusan pra-proposal yang diterima, terpilih sebanyak 105 pra-proposal yang layak untuk diteruskan ke rektorat untuk mendapatkan username dan password. Sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana deadline pengunggahan proposal adalah akhir bulan Oktober atau awal bulan November, pada tahun ini pengunggahan proposal berakhir pada tanggal 10 Januari 2019 (yang kemudian dimundurkan menjadi tanggal 17 Januari 2019). Jadwal pengunggahan proposal yang hampir bersamaan dengan Ujian Akhir Semester ini cukup mengganggu bagi kelompok pengusul, bahkan beberapa proposal terkesan ‘ditinggalkan’ pengusulnya.

Mengantisipasi kondisi ini, Tim Uploader dari UKM Teknika Cendekia bekerja siang dan malam sejak awal hingga pertengahan bulan Januari 2019. Tim uploader yang terdiri dari Nadya Maharani (Teknik Kimia), Hana Regina (Teknik Sipil), Muntaha (Teknik Mesin), Abrar Khadifi (Teknik Pertambangan) dan beberapa rekan lainnya ini dengan sabar meneliti kembali kelengkapan proposal dan kesesuaian dengan panduan PKM. Untuk memfasilitasi kelompok pengusul yang kesulitan meng-upload proposalnya, tim ini juga siap membantu pengunggahan proposal PKM, tanpa membedakan asal program studi dari kelompok pengusul PKM. Semua upaya ini dilakukan dalam rangka mempertahankan tradisi Fakultas Teknik yang selalu meraih jumlah proposal didanai terbanyak di Universitas Lambung Mangkurat.

Tradisi ini dimulai sejak tahun 2014, dimana setiap tahunnya jumlah kelompok PKM dari Fakultas Teknik selalu meraih lebih dari setengah jumlah PKM yang didanai Ditjen Belmawa se-Universitas Lambung Mangkurat.Tradisi ini tak lepas dari peranan UKM Teknika Cendekia yang bergerak di bidang Penalaran ilmiah, Pembinaan Kompetensi dan Kompetisi IPTEK. Tak dapat dipungkiri bahwa keberadaan Unit Kegiatan Mahasiswa ini sangat membantu dalam penyiapan mahasiswa Fakultas Teknik menghadapi NUDC (National University Debating Championship), ON-MIPA, penjaringan Pilmapres (Pemilihan Mahasiswa Berprestasi), PKM (Program Kreativitas Mahasiswa, PMW (Program Mahasiswa Wirausaha), pengiriman mahasiswa FT ULM ke berbagai kompetisi dan Student Exchange, baik di dalam maupun Luar Negeri (nhk).

Nurhakim

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan