Indikator Kinerja

2019

2020

2021

2022

2023

2024

Indikator Kinerja Fakultas Tahun 2022

(Indikator Kinerja per-Triwulan)

 

No Sasaran/Indikator Kriteria Indikator Formula Indikator Target
2022
TRIWULAN
I
TRIWULAN
II
TRIWULAN
III
TRIWULAN
IV
1 Meningkatnya Kualitas Kurikulum dan Pembelajaran              
1-1 Jumlah program studi S1 dan S0 yang melaksanakan kerja sama dengan mitra Kumulatif Jumlah Program Studi 7 Prodi 100%      
1-2 Jumlah mata kuliah S1 dan S0 yang menggunakan metode pembelajaran pemecahan kasus (case method) atau pembelajaran kelompok berbasis projek (team-based project) sebagai sebagian bobot evaluasi Kumulatif Jumlah Mata Kuliah 166 Mata Kuliah 100%      
1-3 Jumlah program studi S1 dan S0 yang memiliki akreditasi atau sertifikat internasional yang diakui pemerintah Kumulatif Jumlah Program Studi 0 Prodi        
1-4 Jumlah Program Studi Terakreditasi A Kumulatif Jumlah Program Studi 0 Prodi        
1-5 Jumlah Program Studi Terakreditasi B Kumulatif Jumlah Program Studi 6 Prodi        
1-6 Jumlah Program Studi Terakreditasi C Kumulatif Jumlah Program Studi 0 Prodi        
1-7 Jumlah Program Studi Terakreditasi Unggul Kumulatif Jumlah Program Studi 0 Prodi        
1-8 Jumlah Program Studi Terakreditasi Baik Sekali Kumulatif Jumlah Program Studi 3 Prodi 33%      
1-9 Jumlah Program Studi Terakreditasi Baik Kumulatif Jumlah Program Studi 1 Prodi        
1-10 Jumlah Laboratorium Terakreditasi Kumulatif Jumlah Laboratorium 0 Laboratorium        
1-11 Jumlah Bahan Ajar (Buku / Modul dan lain-lain ) Nominal (Jumlah) Jumlah Bahan Ajar pada tahun anggaran berjalan 89 Buku / Modul dan lain-lain 0%      
2 Meningkatnya Kualitas Lulusan Pendidikan Tinggi              
2-1 Jumlah lulusan S1 dan S0 yang berhasil mendapat pekerjaan Nominal (Jumlah) Jumlah lulusan 2021 274 Alumni 0%      
2-2 Jumlah lulusan S1 dan S0 yang melanjutkan studi Nominal (Jumlah) Jumlah lulusan 2021 2 Alumni 0%      
2-3 Jumlah lulusan S1 dan S0 yang menjadi wiraswasta Nominal (Jumlah) Jumlah lulusan 2021 4 Alumni 0%      
2-4 Jumlah mahasiswa S1 dan S0 yang menghabiskan paling sedikit 20 (dua puluh) sks di luar kampus/sesuai dengan panduan kampus merdeka Nominal (Jumlah) Jumlah mahasiswa aktif s/d semester ……. TA ….. ? 65 Mahasiswa 0%      
2-5 Jumlah Mahasiswa yang Berwirausaha Nominal (Jumlah) Jumlah mahasiswa aktif s/d semester ……. TA ….. ? 7 Mahasiswa 0%      
2-6 Jumlah Prestasi Mahasiswa di Tingkat Nasional Nominal (Jumlah) Jumlah mahasiswa aktif s/d semester ……. TA ….. ? 10 Mahasiswa 90%      
2-7 Jumlah Prestasi Mahasiswa di Tingkat Internasional Nominal (Jumlah) Jumlah mahasiswa aktif s/d semester ……. TA ….. ? 0 Mahasiswa        
2-8 Jumlah Prestasi Mahasiswa di Tingkat Wilayah Nominal (Jumlah) Jumlah mahasiswa aktif s/d semester ……. TA ….. ? 20 Mahasiswa 0%      
2-9 Jumlah Lulusan Bersertifikat Kompetensi dan Profesi Nominal (Jumlah) Jumlah lulusan 2022 100 Alumni 57%      
2-10 Rata-rata Masa Studi Lulusan S0 Nomimal (Rata-rata) Tahun – Tahun        
2-11 Rata-rata Masa Studi Lulusan S1 Nomimal (Rata-rata) Tahun 4.55 Tahun 90.22%      
2-12 Rata-rata Masa Studi Lulusan S2 Nomimal (Rata-rata) Tahun 2.65 Tahun 71.60%      
3 Meningkatnya Jumlah Judul dan Dosen yang Terlibat Melaksanakan Penelitian dan Jumlah Penelitian yang Bermutu              
3-1 Jumlah Penelitian Yang Dimanfaatkan Masyarakat Nominal (Jumlah) Jumlah Judul 5 Judul 0%      
3-2 Jumlah Prototype Industri Nominal (Jumlah) Jumlah Judul 0 Judul        
3-3 Jumlah Prototype R & D Nominal (Jumlah) Jumlah Judul 1 Judul 0%      
4 Meningkatnya Jumlah Publikasi Hasil Penelitian pada Pertemuan Ilmiah dan Jurnal Nasional serta Internasional              
4-1 Jumlah jurnal bereputasi terindeks nasional Nominal (Jumlah) Jumlah Judul 57 Artikel/karya ilmiah 4%      
4-2 Jumlah Publikasi Internasional Nominal (Jumlah) Jumlah Judul 17 Artikel/karya ilmiah 18%      
4-3 Jumlah Sitasi Karya Ilmiah Nominal (Jumlah) Jumlah Sitasi 89 Sitasi / kali 58%      
4-4 Jumlah jurnal bereputasi terindeks global Nominal (Jumlah) Jumlah Judul 0 Judul        
5 Meningkatnya Hasil Penelitian Dosen yang Mendapat HAKI              
5-1 Jumlah HKI Yang didaftarkan Nominal (Jumlah) Jumlah Judul 5 Judul 0%      
5-2 Jumlah HKI Yang Mendapatkan Patent, Hak Cipta, Hak Merek dll Nominal (Jumlah) Jumlah Judul 5 Judul 20%      
6 Meningkatnya Hasil Penelitian Inovatif              
6-1 Jumlah Produk Inovasi Nominal (Jumlah) Jumlah Produk 4 Produk 0%      
7 Implementasi Konsep Lingkungan Lahan Basah oleh Semua Pemangku Kepentingan              
7-1 Jumlah Program Studi Yang Memasukkan Muatan Kurikulum (LLB) Program Unggulan Lingkungan Lahan Basah Nominal (Jumlah) Jumlah Program Studi 9 Prodi 100%      
8 Meningkatnya kuantitas dan kualitas tenaga pendidik              
8-1 Jumlah dosen yang berkegiatan tridarma di kampus lain atau di kampus QS100 berdasarkan bidang ilmu Nominal (Jumlah) Jumlah Dosen 6 Dosen 0%      
8-2 Jumlah dosen yang bekerja sebagai praktisi di dunia industri Nominal (Jumlah) Jumlah Dosen 10 Dosen 30%      
8-3 Jumlah dosen yang membina mahasiswa yang berhasil meraih prestasi paling rendah tingkat nasional dalam 5 (lima) tahun terakhir Nominal (Jumlah) Jumlah Dosen 3 Dosen 300%      
8-4 Jumlah Dosen Tetap Berkualifikasi Akademik S3 Kumulatif Jumlah Dosen 40 Dosen 98%      
8-5 Jumlah dosen tetap yang memiliki sertifikat kompetensi/profesi yang diakui oleh industri dan dunia kerja Nominal (Jumlah) Jumlah Dosen 41 Dosen 115%      
8-6 Jumlah dosen tetap yang berasal dari kalangan praktisi profesional, dunia industri, atau dunia kerja Nominal (Jumlah) Jumlah Dosen 1 Dosen 100%      
8-7 Jumlah keluaran penelitian yang berhasil mendapat rekognisi internasional atau diterapkan oleh masyarakat per jumlah dosen Nominal (Jumlah) Judul 50 Judul 0%      
8-8 Jumlah keluaran pengabdian kepada masyarakat yang berhasil mendapat rekognisi internasional atau diterapkan oleh masyarakat per jumlah dosen Nominal (Jumlah) Judul 13 Judul 0%      
8-9 Jumlah Dosen Dengan Jabatan Guru Besar Kumulatif Jumlah Dosen 6 Dosen        
8-10 Jumlah Dosen Dengan Jabatan Lektor Kepala Kumulatif Jumlah Dosen 24 Dosen 100%      
8-11 Jumlah Dosen bersertifikat Pendidik Kumulatif Jumlah Dosen 97 Dosen 101%      
8-12 Rasio Dosen dan Mahasiswa Kumulatif (Rasio) Rasio 1 : 20 100%      
8-13 Rasio Jumlah Dosen Tetap Terhadap Jumlah Dosen Kumulatif (Rasio) Rasio 1 : 1        
9 Meningkatnya kuantitas dan kualitas tenaga kependidikan              
9-1 Jumlah Tenaga Kependidikan dengan Sertifikat Kompetensi Kumulatif Jumlah Orang 15 Orang 60%      
9-2 Jumlah Pejabat Fungsional Pustakawan Kumulatif Jumlah Orang 0 Orang        
9-3 Jumlah Pejabat Fungsional Arsiparis Kumulatif Jumlah Orang 2 Orang 100%      
9-4 Jumlah Pejabat Fungsional Laboran Kumulatif Jumlah Orang 1 Orang        
9-5 Jumlah Pejabat Fungsional Analis Kepegawaian Kumulatif Jumlah Orang 1 Orang 100%      
9-6 Jumlah Pejabat Fungsional Pranata Komputer Kumulatif Jumlah Orang 0 Orang        
9-7 Jumlah Pejabat Fungsional Analis Anggaran Kumulatif Jumlah Orang 0 Orang        
9-8 Jumlah Pejabat Fungsional Pranata Humas Kumulatif Jumlah Orang 0 Orang        
10 Terinplemntasinya sistem informasi manajemen berbasis ICT yang mendukung operasional dan sistem pengambilan keputusan              
10-1 Jumlah layanan yang telah memanfaatkan sistem informasi (aplikasi) Nominal (Jumlah) Jumlah Layanan 46 Layanan        
11 Meningkatnya tata kelola Unit kerja di lingkungan ULM              
11-1 Persentase Realisasi Anggaran atas Pelaksanaan RKA-K/L Unit kerja Minimal 90 % Kumulatif % Realisasi Anggaran 95 % 14%      
11-2 Persentase Kuantitas Tindak Lanjut Temuan BPK / Itjen dalam 3 tahun terakhir Kumulatif % Kuantitas 0 %        
11-3 Persentase Tindak Lanjut Bernilai Rupiah Temuan BPK / Itjen dalam 3 tahun terakhir Kumulatif % Tindak Lanjut 0 %        
11-4 Jumlah dokumen daftar barang dalam ruangan Nominal (Jumlah) Jumlah Dokumen 1 Dokumen 100%      
11-5 Jumlah dokumen daftar barang luar ruangan Nominal (Jumlah) Jumlah Dokumen 1 Dokumen 100%      
11-6 Jumlah dokumen Usul Penghapusan Barang (BMN) Nominal (Jumlah) Jumlah Dokumen 1 Dokumen 100%      
11-7 Jumlah Dokumen Barang Inventaris Laboratorium Nominal (Jumlah) Jumlah Dokumen 1 Dokumen 100%      
11-8 Jumlah Dokumen Pendataan Alat dan Bahan Praktikum Laboratorium Nominal (Jumlah) Jumlah Dokumen 1 Dokumen 0%      

Indikator Kinerja Fakultas Tahun 2021

(Indikator Kinerja per-Triwulan)

Sasaran

Indikator Kerja

Target


Triwulan

I


Triwulan

II


Triwulan

III


Triwulan

IV

(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7)
Meningkatnya kualitas Kurikulum dan pembelajaran
Persentase program studi S1 dan S0 yang melaksanakan kerja sama dengan mitra. 80 % 80 % 80% 80%  80%  
Persentase mata kuliah S1 dan S0 yang menggunakan metode pembelajaran pemecahan kasus (case method) atau pembelajaran kelompok berbasis projek (team-based project) sebagai sebagian bobot evaluasi. 20 % 0 % 25% 25%  25% 
Persentase Program Studi Terakreditasi Unggul (A dan B) 80 % 70 % 80% 80%  80%  
Jumlah Bahan Ajar (Buku / Modul dan lain-lain ) 30
Buku/Modul
0
Buku/Modul
2
Buku/Modul
 60  Buku/Modul 77 Buku/Modul 
Meningkatnya kualitas lulusan pendidikan tinggi
Persentase lulusan S1 dan S0 yang berhasil mendapat pekerjaan 60 % 0 % 20% 35%  60% 
Persentase lulusan S1 dan S0 yang melanjutkan studi 2 % 0 % 0,5%  0,5%  0,5%
Persentase lulusan S1 dan S0 yang menjadi wiraswasta. 1,5 % 0 % 0,65% 0,75%  1 % 
Persentase mahasiswa S1 dan S0 yang menghabiskan paling sedikit 20 (dua puluh) sks di luar kampus. 2,5 % 0 % 1%  2%  2,5%
Rata-rata Masa Studi Lulusan S1 4,5 Tahun 4,6 Tahun 4,6 Tahun 4,6 Tahun  4,6 Tahun  
Rata-rata Masa Studi Lulusan S2 3,75 Tahun 3,5 Tahun 3,56 Tahun 2,7 Tahun  2,7 Tahun  
Persentase Lulusan Bersertifikat Kompetensi dan Profesi 100 % 100 % 100% 100%  100% 
Persentase Mahasiswa yang mengikuti kegiatan merdeka belajar 2,5 % 1 % 1,5%  1% 1,5 % 
Jumlah Mahasiswa yang Berwirausaha 2
Mahasiswa
0
Mahasiswa
2
Mahasiswa
7 Mahasiswa  7 Mahasiswa 
Jumlah Prestasi Mahasiswa di Tingkat Wilayah, 48
Mahasiswa
0
Mahasiswa
22
Mahasiswa
 1 Mahasiswa 20 Mahasiswa 
Jumlah Prestasi Mahasiswa di Tingkat Nasional 1
Mahasiswa
0
Mahasiswa
1
Mahasiswa
0 Mahasiswa  33 Mahasiswa 
Meningkatnya jumlah judul dan dosen yang terlibat melaksanakan penelitian dan jumlah penelitian yang bermutu
Jumlah Penelitian Yang Dimanfaatkan Masyarakat 4 Judul 0 Judul 0 Judul 2 Judul   3 Judul 
Jumlah Prototype Industri 1 Judul 0 Judul 0 Judul  0 Judul 0 Judul  
Jumlah Prototype R & D 1 Judul 0 Judul  0 Judul 1 Judul  1 Judul  
Meningkatnya jumlah publikasi hasil penelitian pada pertemuan ilmiah dan jurnal nasional serta internasional
Jumlah jurnal bereputasi terindeks nasional 30 Jurnal 0 Jurnal 0 Jurnal  45 Jurnal 57 Jurnal 
Jumlah Publikasi Internasional 12
Artikel/Buku/dll
0 Artikel/Buku/dll 0 Artikel/Buku/dll  17 Artikel/Buku/dll   17 Artikel/Buku/dll
Jumlah Sitasi Karya Ilmiah 31 Sitasi / kali 0 Sitasi / kali 0 Sitasi / kali 63 Sitasi/kali  89 Sitasi/kali 
Meningkatnya hasil penelitian dosen yang mendapat HAKI
Jumlah HKI Yang didaftarkan 5 Judul 0 Judul 0 Judul  6 Judul  10 Judul
Jumlah HKI Yang Mendapatkan Patent, Hak Cipta, Hak Merek dll 1 Judul 0 Judul 0 Judul  3 Judul 11 Judul 
Meningkatnya hasil penelitian Inovatif Jumlah Produk Inovasi 4 Produk 0 Produk 0 Produk 1 Produk  3 Produk 
Meningkatnya kuantitas dan kualitas pengabdian pada masyarakat yang dapat mengoptimalkan potensi / keunggulan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jumlah Pengabdian Kepada Masyarakat 50 Judul 0 Judul 0 Judul 45 Judul  64 Judul 
Implementasi konsep Lingkungan Lahan Basah oleh semua pemangku kepentingan Jumlah Program Studi Yang Memasukkan Muatan Kurikulum Program Unggulan Lingkungan Lahan Basah (LLB) 9 Jumlah 9 Jumlah 9 Jumlah  9 Jumlah 9 Jumlah 
Terimplementasinya sistem informasi manajemen berbasis ICT yang mendukung operasional dan sistem pengambilan keputusan Jumlah Layanan Yang Telah Memanfaatkan Sistem Informasi (Aplikasi) 45 Layanan 40 Layanan  46 Layanan 46 Layanan   46 Layanan
Meningkatnya kuantitas dan kualitas tenaga pendidik
Persentase dosen yang berkegiatan tridarma di kampus lain, di QS100 berdasarkan bidang ilmu (QS100 by subject) 2,4 % 0,86 % 0,86 %  0,86%  0,86% 
Persentase dosen yang bekerja sebagai praktisi di dunia industri, 6,4 % 0 % 0 %  0 %   0 %
Persentase dosen yang membina mahasiswa yang berhasil meraih prestasi paling rendah tingkat nasional dalam 5 (lima) tahun terakhir 8 % 0 % 2,5%  2,5 % 2,5 % 
Persentase dosen tetap berkualifikasi akademik S3 yang memiliki sertifikat kompetensi/profesi yang diakui oleh industri dan dunia kerja; 15 % 0 % 10% 10 %  10 %  
Rasio Dosen dan Mahasiswa 1 : 23 Ratio 1 : 20 Ratio 1 : 18 Ratio 1:17 Ratio  1:19 Ratio  
Rasio Jumlah Dosen Tetap Terhadap Jumlah Dosen 1 : 1 Ratio 1 : 1 Ratio 0,9 : 1 Ratio  1:1 Ratio  1:1 Ratio 
Persentase Dosen Tetap Berkualifikasi Akademik S3 33 % 31 % 33,62% 33,62 %  33,91 %  
Persentase Dosen Dengan Jabatan Guru Besar 4 % 4 % 4,35%  4,35 %  5,17 %
Persentase Dosen Dengan Jabatan Lektor Kepala 22 % 19 % 20% 20 %  20,69% 
Persentase Dosen Bersertifikat Pendidik 83 % 80 % 81,03% 81,03 %  82,76 % 
Meningkatnya kuantitas dan kualitas tenaga kependidikan
Persentase Tenaga Kependidikan dengan Sertifikat Kompetensi 24 % 8 % 8% 8 %  24 % 
Jumlah Pejabat Fungsional Arsiparis 1 Orang 1 Orang  1 Orang 1 Orang  1 Orang 
Jumlah Pejabat Fungsional Laboran 1 Orang 1 Orang 1 Orang  1 Orang 1 Orang 
Jumlah Pejabat Fungsional Analis Kepegawaian 1 Orang 0 Orang 0 Orang 0 Orang  0 Orang 
Meningkatnya tata kelola Unit kerja di lingkungan ULM
Persentasi Realisasi Anggaran atas Pelaksanaan RKA-K/L Unit kerja Minimal 90 % 100 % 8,56 % 15,81% 50,05%   92,31 %
Persentase Kuantitas Tindak Lanjut Temuan BPK / Itjen dalam 3 tahun terakhir 90 % 0 %  0 % 0 %  0 %  
Persentase Tindak Lanjut Bernilai Rupiah Temuan BPK / Itjen dalam 3 tahun terakhir 100 % 0 %  0 %  0 % 0 %  

Indikator Kinerja Fakultas Tahun 2020

(Indikator Kinerja per-Triwulan)

NO
SASARAN
No
INDIKATOR
BASELINE 2020 CAPAIAN
KETERANGAN
2019 Target Triwulan I Triwulan II Triwulan III Triwulan IV
1
Meningkatnya mutu / kualitas layanan manajemen dan proses pendidikan dan pengajaran
1 Jumlah Program Studi Terakreditasi A 0 0 0 0 0 0 Direncanakan PSTK
2 Jumlah Program Studi Terakreditasi B 7 7 7 7 7 8 PSTS, PSA, PSTP, PSTK, PSTM, PSTL, PSMTS, PPI
3 Jumlah Program Studi Terakreditasi Unggul 0 0 0 0 0 0 Direncanakan PSTK
4 Jumlah Program Studi Terakreditasi Internasional 0 0 0 0 0 0 Direncanakan PSTK
5 Jumlah Laboratorium Terakreditasi 0 0 0 0 0 0 Tidak ada
6 Jumlah Bahan Ajar (Buku / Modul ) 23 25 0 16 29 29 Sumber pendanaan PNBP FT 2020
2
Meningkatnya kualitas pembelajaran dan lulusan yang berdaya saing regional
7 Masa Studi Lulusan S0              
8 Masa Studi Lulusan S1 4.7125 4.60 5.01 4.98 4.8 4.91 Sumber Database Yudisium sd Dest 2020, 362 Mahasiswa
9 Masa Studi Lulusan S2 4.66 4.00 2.98 2.98 2.62 2.62 Sumber Database Yudisium sd Des 2020, 36 Mahasiswa
10 Jumlah mahasiswa yang mengikuti kegiatan Merdeka Belajar 0 28 0 0 37 37 Antar prodi di FT
11 Persentase Lulusan Bersertifikat Kompetensi dan Profesi 100.0% 100% 100% 100% 100% 100% Jumlah lulusan PPI, 222 Mahasiswa
12 Jumlah Mahasiswa yang Berwirausaha 2 2 0 5 5 5 PMW ULM
13 Jumlah mahasiswa dan/atau lulusan yang berhasil menjadi wirausaha n/a 1% 30 org 30 org 30 org 30 org Data dari CDC Tracer Studi untuk alumni 2018
14 Persentase Lulusan Yang Langsung Bekerja dlm jangka waktu 1 tahun setelah lulus n/a 95% 95% 95% 95% 95%  
3 Meningkatnya pencitraan / status 15 Klaster Kelembagaan LPPM              
4
Meningkatnya jumlah judul dan dosen yang terlibat melaksanakan penelitian dan jumlah penelitian yang bermutu
16 Jumlah Penelitian Yang Dimanfaatkan Masyarakat 1 3 0 0 0 0 Seluruh penelitian FT 2020 penelitian dasar
17 Jumlah Prototype Industri 0 1 0 0 0 0 Seluruh penelitian FT 2020 penelitian dasar
18 Jumlah Prototype R & D 0 1 0 0 0 0 Seluruh penelitian FT 2020 penelitian dasar
5
Meningkatnya jumlah publikasi hasil penelitian pada pertemuan ilmiah dan jurnal nasional serta internasional
19 Jumlah Jurnal Bereputasi Terindeks Nasional 7 jurnal 0 0 0 3 20 9 jurnal SINTA 3 + 14 jurnal SINTA 4
20 Jumlah Jurnal Bereputasi Terindeks Global n/a 0 0 0 0 3 Jurnal Internasional
21 Jumlah Publikasi Internasional 7 Judul 10 0 0 1 20 Jurnal Internasional Bereputasi Terindeks Scopus atau WOS
22 Jumlah Sitasi Karya Ilmiah n/a 0 0 0 0 0 Masih proses publikasi dan belum ada sitasi
6
Meningkatnya hasil penelitian dosen yang mendapat HAKI
23 Jumlah HKI Yang didaftarkan 4 5 0 0 0 6 Masih dalam Proses Granted
24 Jumlah HKI Yang Mendapatkan Patent, Hak Cipta, Hak Merek dll 0 0 0 0 0 0 Tidak ada
7 Meningkatnya hasil penelitian inovatif 25 Jumlah Produk Inovasi 0 2 0 0 0 0 Tidak ada
8
Meningkat dan berkembangnya jumlah pusat – pusat penelitian
26 Jumlah Pusat Unggulan Iptek (PUI)              
27 Jumlah Pusat Studi Penelitian              
28 Jumlah Pusat Studi Pengabdian              
9 Meningkatnya kuantitas dan kualitas pengabdian pada masyarakat yang dapat mengoptimalkan potensi / keunggulan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat 29 Jumlah Pengabdian Kepada Masyarakat 45 judul 45 0 38 5 5 Sumber pendanaan PNBP FT 2020
10 Implementasi konsep Lingkungan Lahan Basah oleh semua pemangku kepentingan 30 Jumlah Program Studi Yang Memasukkan Muatan Kurikulum Program Unggulan Lingkungan Lahan Basah (LLB) 9 9 9 9 9 9 Semua prodi di FT, kecuali PS PPI
11 Terimplementasinya sistem informasi manajemen berbasis ICT yang mendukung operasional dan sistem pengambilan keputusan 31 Jumlah Layanan Yang Telah Memanfaatkan Sistem Informasi (Aplikasi) 31 40 34 37 40 40 ft.ulm.ac.id
12
Meningkatnya kuantitas dan kualitas tenaga pendidik
32 Rasio Dosen dan Mahasiswa 1:18 1:20 1:18 1:18 1:21 1:21 Jumlah mhs 2628 + 40 cuti; dosen PNS 116; dosen 125
33 Rasio Jumlah Dosen Tetap Terhadap Jumlah Dosen 1:1,076 (118/127) 1:1,067 (119/127) 1:1,077(116/125) Jumlah mhs 2628; dosen PNS 116; dosen 125
34 Persentase Dosen Berpendidikan S3 27,96% 33.86% 32.76% 38 org PNS + 1 org Kontrak
35 Persentase Dosen Dengan Jabatan Guru Besar 0,8% (1 dari 118) 5.08% 3.45% 4 orang dari 116
36 Persentase Dosen Dengan Jabatan Lektor Kepala 19,32% 31.36% 19.83% 23 orang dari 116
37 Persentase Dosen Bersertifikat Pendidik 80,50% 83.90% 80.17% 93 orang dari 116
38 Persentase Dosen yang memiliki pengalaman bekerja di industri atau lembaga profesi minimal 1 tahun dan/atau bekerja di luar negeri minimal 1 tahun 0 0 0 0 0 0 Tidak ada
13
Meningkatnya kuantitas dan kualitas tenaga kependidikan
39 Persentase Tenaga Kependidikan dengan Sertifikat Kompetensi 36,36% (8 dari 22) (2 dari 22) (0 dari 22) (0 dari 22) (0 dari 22) (0 dari 22) Masih berlangsung
40 Jumlah Pejabat Fungsional Pustakwan              
41 Jumlah Pejabat Fungsional Arsiparis 0 0 0 0 0 0 Tidak ada
42 Jumlah Pejabat Fungsional Laboran 1 1 0 0 1 1 Yayan K
14
Meningkatnya kemampuan mahasiswa untuk mengembangkan potensi diri sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan
43 Jumlah Prestasi Mahasiswa di Tingkat Wilayah,
46 orang
7 0 0 0 0 Belum terdata
44 Jumlah Prestasi Mahasiswa di Tingkat Nasional 35 0 0 35 47 TOY ARCASIA; 9 Tim PKM; ISMC; KMHE
45 Jumlah Prestasi Mahasiswa di Tingkat Internasional 4 0 0 4 4 BIM Tekla
46 Jumlah Medali yang diperoleh dari kejuaraan ditingkat nasional dan internasional n/a 1 0 0 0 0 Tidak ada
15
Terwujudnya sistem / mekanisme layanan
47 Jumlah Layanan yang Menggunakan sistem Informasi pada Biro Kemahasiswaan dan Akademik              
48 Jumlah Layanan yang Menggunakan sistem Informasi pada Biro Umum dan Keuangan              
49 Jumlah Layanan yang Menggunakan sistem Informasi pada Biro Perencanaan, Kerjasama dan Humas              
16
Terselenggaranya kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak di dalam dan luar negeri
50 Jumlah Mitra Kerjasama dengan Perguruan Tinggi luar negeri 2 3 3 3 3 3 SAGA, NTUST, CUMT
51 Jumlah Mitra Kerjasama dengan Perguruan Tinggi dalam negeri 1 1 0 0 7 7 Forum Dekan Teknik Kalimantan
52 Jumlah Lembaga Mitra Instansi Pemerintah Pusat n/a 0 0 0 1 1 KLHK
53 Jumlah Lembaga Mitra Instansi Pemerintah Daerah 7 7 0 0 5 7 Provinsi, Bjb, Bjm, Kotabaru, HSS, Batola, Balangan
54 Jumlah Lembaga swasta / Industri Mitra Kerjasama 3 3 0 0 4 4 KEWP; Pertamina; BRI, PT. PLN (Persero) Kalselteng
55 Nilai Kontrak Kerjasama Dengan Industri Mitra Rp 1,729,019,000 90.000 USD 90.000 USD 90.000 USD 90.000 USD 90.000 USD  

Indikator Kinerja Fakultas Tahun 2019

(Indikator Kinerja per-Triwulan)

No
Indikator Kinerja Fakultas
2019
Triwulan I
Triwulan II
Triwulan III
Triwulan IV
1Jumlah mahasiswa yang berwirausaha30022
2% lulusan bersertifikat kompetensi & profesi3%14,1%100.0%100.0%100.0%
3% prodi terakreditasi minimal B90%60%60%60%70%
4% lulusan langsung bekerja sesuai bidang70%84,2%76,9%76,9%76,9%
5Jumlah mahasiswa berprestasi25 Orang20 orang25 orang46 orang46 orang
6Persentase lulusan tepat waktu30 %52.06%53,81%47,10%49,91%
7Rata-rata lama studi lulusan D3
8Rata-rata lama studi lulusan S14,25 tahun4,59 tahun4.73 tahun4.74 tahun4.27 tahun
9Rata-rata lama studi lulusan S23,10 tahun4,72 tahun4.79 tahun4.94 tahun4.19 tahun
10Rangking PT Nasional
11Akreditasi Institusi
12Jumlah Pusat Unggulan Iptek (PUI)
13Persentase prodi terakreditasi unggul
14Klaster kelembagaan LPPM ULM
15Persentase dosen berkualifikasi S329 %30,2%27,73%28,57%27,96%
16Persentase dosen bersertifikat pendidik90%86,8%80,67%80,67%80,50%
17publikasi internasional (jurnal int bereputasi)7 Judul2 Judul4 Judul7 Judul7 Judul
18publikasi nasional (jurnal nas terakreditasi)14 Judul14 Judul17 Judul19 Judul19 Judul
19penelitian yang dimanfaatkan masyarakat31111
20Jumlah HKI yang didaftarkan52244
21Jumlah sitasi karya ilmiah
22Jumlah prototype R&D
23Jumlah prototype industri
24Jumlah bahan ajar140232323
25Jumlah pengabdian pada masyarakat20 Judul027 Judul27 Judul45 judul
26Jumlah produk inovasi
27Rasio jumlah dosen terhadap mahasiswa< 1 : 301 : 18,251 : 17,851 : 17,851:18
28Rasio dosen tetap terhadap jumlah dosen1 : 1,15 (115 dari 140)1:1,23 (106/131)1:1,075 (119/128)1:1,075 (119/128)1:1,076 (118/127)
29Persentase dosen dengan jabatan LK25%18,9%18,48%19,32%19,32%
30Persentase dosen dengan jabatan GB1% (3 dari 115)1,9% (2 dari 106)1,9% (2 dari 106)1,9% (2 dari 106)0,8% (1 dari 118)
31% tendik dgn sertifikat kompetensi20% (6 dari 22)9,09% (2 dari 22)31,8% (7 dari 22)31,8% (7 dari 22)36,36% (8 dari 22)

Indikator Kinerja Fakultas (2019 – 2024)

NO
SASARAN
 
INDIKATOR
BASELINE 2020 2021 2022 2023 2024
2019 Target Target Target Target Target
1
Meningkatnya mutu / kualitas layanan manajemen dan proses pendidikan dan pengajaran
1 Jumlah Program Studi Terakreditasi A 0 0 0 0 0 0
2 Jumlah Program Studi Terakreditasi B 7 7 8 8 8 7
3 Jumlah Program Studi Terakreditasi Unggul 0 0 1 1 2 3
4 Jumlah Program Studi Terakreditasi Internasional 0 0 1 1 2 3
5 Jumlah Laboratorium Terakreditasi 0 0 0 1 1 2
6 Jumlah Bahan Ajar (Buku / Modul ) 23 awal 27 judul”>25 30 30 30 30
2
Meningkatnya kualitas pembelajaran dan lulusan yang berdaya saing regional
7 Masa Studi Lulusan S0            
8 Masa Studi Lulusan S1 4.71 4.60 4.55 4.50 4.45 4.40
9 Masa Studi Lulusan S2 4.66 4.00 3.75 3.50 3.00 2.75
10 Jumlah mahasiswa yang mengikuti kegiatan Merdeka Belajar 0 28 42 56 70 84
11 Persentase Lulusan Bersertifikat Kompetensi dan Profesi 100.0% 100% 100% 100% 100% 100%
12 Jumlah Mahasiswa yang Berwirausaha 2 2 2 3 3 4
13 Jumlah mahasiswa dan/atau lulusan yang berhasil menjadi wirausaha n/a 1% 1.5% 1.5% 2% 2%
14 Persentase Lulusan Yang Langsung Bekerja dlm jangka waktu 1 tahun setelah lulus n/a 95% 95% 95% 95% 95%
3 Meningkatnya pencitraan / status 15 Klaster Kelembagaan LPPM            
4
Meningkatnya jumlah judul dan dosen yang terlibat melaksanakan penelitian dan jumlah penelitian yang bermutu
16 Jumlah Penelitian Yang Dimanfaatkan Masyarakat 1 3 4 5 5 6
17 Jumlah Prototype Industri 0 1 1 2 2 3
18 Jumlah Prototype R & D 0 1 1 2 2 3
5
Meningkatnya jumlah publikasi hasil penelitian pada pertemuan ilmiah dan jurnal nasional serta internasional
19 Jumlah Jurnal Bereputasi Terindeks Nasional 19 Judul 25 30 35 40 45
20 Jumlah Jurnal Bereputasi Terindeks Global n/a 0 0 0 0 0
21 Jumlah Publikasi Internasional 7 Judul 10 12 15 20 25
22 Jumlah Sitasi Karya Ilmiah n/a          
6
Meningkatnya hasil penelitian dosen yang mendapat HAKI
23 Jumlah HKI Yang didaftarkan 4 5 5 8 8 10
24 Jumlah HKI Yang Mendapatkan Patent, Hak Cipta, Hak Merek dll 0 0 1 3 5 8
7 Meningkatnya hasil penelitian inovatif 25 Jumlah Produk Inovasi 0 2 4 5 5 6
8
Meningkat dan berkembangnya jumlah pusat – pusat penelitian
26 Jumlah Pusat Unggulan Iptek (PUI)            
27 Jumlah Pusat Studi Penelitian            
28 Jumlah Pusat Studi Pengabdian            
9 Meningkatnya kuantitas dan kualitas pengabdian pada masyarakat yang dapat mengoptimalkan potensi / keunggulan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat 29 Jumlah Pengabdian Kepada Masyarakat 45 judul 45 45 45 45 45
10 Implementasi konsep Lingkungan Lahan Basah oleh semua pemangku kepentingan 30 Jumlah Program Studi Yang Memasukkan Muatan Kurikulum Program Unggulan Lingkungan Lahan Basah (LLB) 9 9 9 9 9 9
11 Terimplementasinya sistem informasi manajemen berbasis ICT yang mendukung operasional dan sistem pengambilan keputusan 31 Jumlah Layanan Yang Telah Memanfaatkan Sistem Informasi (Aplikasi) 31 40 45 50 55 60
12
Meningkatnya kuantitas dan kualitas tenaga pendidik
32 Rasio Dosen dan Mahasiswa 1:18 1:20 1:23 1:25 1:27 1:30
33 Rasio Jumlah Dosen Tetap Terhadap Jumlah Dosen 1:1,076 (118/127) 1:1,067 (119/127) 1:1,067 (119/127) 1:1,067 (119/127) 1:1,067 (119/127) 1:1,067 (119/127)
34 Persentase Dosen Berpendidikan S3 27,96% 33.86% 35.43% 37.80% 46.46% 51.97%
35 Persentase Dosen Dengan Jabatan Guru Besar 0,8% (1 dari 118) 5.08% 6.78% 12.71% 14.41% 22.03%
36 Persentase Dosen Dengan Jabatan Lektor Kepala 19,32% 31.36% 33.05% 34.75% 36.44% 41.53%
37 Persentase Dosen Bersertifikat Pendidik 80,50% 83.90% 94.92% 96.61% 98.31% 99.15%
38 Persentase Dosen yang memiliki pengalaman bekerja di industri atau lembaga profesi minimal 1 tahun dan/atau bekerja di luar negeri minimal 1 tahun 0 0 0 0 0 0
13
Meningkatnya kuantitas dan kualitas tenaga kependidikan
39 Persentase Tenaga Kependidikan dengan Sertifikat Kompetensi 36,36% (8 dari 22) (2 dari 22) (6 dari 22) (6 dari 22) (6 dari 22) (6 dari 22)
40 Jumlah Pejabat Fungsional Pustakwan            
41 Jumlah Pejabat Fungsional Arsiparis 0 0 1 1 2 2
42 Jumlah Pejabat Fungsional Laboran 1 1 1 2 3 5
14
Meningkatnya kemampuan mahasiswa untuk mengembangkan potensi diri sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan
43 Jumlah Prestasi Mahasiswa di Tingkat Wilayah,
46 orang
46
48
50
52
53
44 Jumlah Prestasi Mahasiswa di Tingkat Nasional
45 Jumlah Prestasi Mahasiswa di Tingkat Internasional 0 0 0 0 0
46 Jumlah Medali yang diperoleh dari kejuaraan ditingkat nasional dan internasional n/a 1 1 1 2 2
15
Terwujudnya sistem / mekanisme layanan
47 Jumlah Layanan yang Menggunakan sistem Informasi pada Biro Kemahasiswaan dan Akademik            
48 Jumlah Layanan yang Menggunakan sistem Informasi pada Biro Umum dan Keuangan            
49 Jumlah Layanan yang Menggunakan sistem Informasi pada Biro Perencanaan, Kerjasama dan Humas            
16
Terselenggaranya kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak di dalam dan luar negeri
50 Jumlah Mitra Kerjasama dengan Perguruan Tinggi luar negeri 2 3 3 3 3 3
51 Jumlah Mitra Kerjasama dengan Perguruan Tinggi dalam negeri 1 1 1 1 1 1
52 Jumlah Lembaga Mitra Instansi Pemerintah Pusat n/a 0 0 0 1 1
53 Jumlah Lembaga Mitra Instansi Pemerintah Daerah 7 7 10 10 10 12
54 Jumlah Lembaga swasta / Industri Mitra Kerjasama 3 3 3 3 4 5
55 Nilai Kontrak Kerjasama Dengan Industri Mitra Rp 1,729,019,000 90.000 USD 90.000 USD 90.000 USD 100.000 USD 100.000 USD