Indikator Kinerja

Indikator Kinerja Fakultas (2019 – 2024)

NO
SASARAN
 
INDIKATOR
BASELINE 2020 2021 2022 2023 2024
2019 Target Target Target Target Target
1
Meningkatnya mutu / kualitas layanan manajemen dan proses pendidikan dan pengajaran
1 Jumlah Program Studi Terakreditasi A 0 0 0 0 0 0
2 Jumlah Program Studi Terakreditasi B 7 7 8 8 8 7
3 Jumlah Program Studi Terakreditasi Unggul 0 0 1 1 2 3
4 Jumlah Program Studi Terakreditasi Internasional 0 0 1 1 2 3
5 Jumlah Laboratorium Terakreditasi 0 0 0 1 1 2
6 Jumlah Bahan Ajar (Buku / Modul ) 23 awal 27 judul”>25 30 30 30 30
2
Meningkatnya kualitas pembelajaran dan lulusan yang berdaya saing regional
7 Masa Studi Lulusan S0            
8 Masa Studi Lulusan S1 4.71 4.60 4.55 4.50 4.45 4.40
9 Masa Studi Lulusan S2 4.66 4.00 3.75 3.50 3.00 2.75
10 Jumlah mahasiswa yang mengikuti kegiatan Merdeka Belajar 0 28 42 56 70 84
11 Persentase Lulusan Bersertifikat Kompetensi dan Profesi 100.0% 100% 100% 100% 100% 100%
12 Jumlah Mahasiswa yang Berwirausaha 2 2 2 3 3 4
13 Jumlah mahasiswa dan/atau lulusan yang berhasil menjadi wirausaha n/a 1% 1.5% 1.5% 2% 2%
14 Persentase Lulusan Yang Langsung Bekerja dlm jangka waktu 1 tahun setelah lulus n/a 95% 95% 95% 95% 95%
3 Meningkatnya pencitraan / status 15 Klaster Kelembagaan LPPM            
4
Meningkatnya jumlah judul dan dosen yang terlibat melaksanakan penelitian dan jumlah penelitian yang bermutu
16 Jumlah Penelitian Yang Dimanfaatkan Masyarakat 1 3 4 5 5 6
17 Jumlah Prototype Industri 0 1 1 2 2 3
18 Jumlah Prototype R & D 0 1 1 2 2 3
5
Meningkatnya jumlah publikasi hasil penelitian pada pertemuan ilmiah dan jurnal nasional serta internasional
19 Jumlah Jurnal Bereputasi Terindeks Nasional 19 Judul 25 30 35 40 45
20 Jumlah Jurnal Bereputasi Terindeks Global n/a 0 0 0 0 0
21 Jumlah Publikasi Internasional 7 Judul 10 12 15 20 25
22 Jumlah Sitasi Karya Ilmiah n/a          
6
Meningkatnya hasil penelitian dosen yang mendapat HAKI
23 Jumlah HKI Yang didaftarkan 4 5 5 8 8 10
24 Jumlah HKI Yang Mendapatkan Patent, Hak Cipta, Hak Merek dll 0 0 1 3 5 8
7 Meningkatnya hasil penelitian inovatif 25 Jumlah Produk Inovasi 0 2 4 5 5 6
8
Meningkat dan berkembangnya jumlah pusat – pusat penelitian
26 Jumlah Pusat Unggulan Iptek (PUI)            
27 Jumlah Pusat Studi Penelitian            
28 Jumlah Pusat Studi Pengabdian            
9 Meningkatnya kuantitas dan kualitas pengabdian pada masyarakat yang dapat mengoptimalkan potensi / keunggulan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat 29 Jumlah Pengabdian Kepada Masyarakat 45 judul 45 45 45 45 45
10 Implementasi konsep Lingkungan Lahan Basah oleh semua pemangku kepentingan 30 Jumlah Program Studi Yang Memasukkan Muatan Kurikulum Program Unggulan Lingkungan Lahan Basah (LLB) 9 9 9 9 9 9
11 Terimplementasinya sistem informasi manajemen berbasis ICT yang mendukung operasional dan sistem pengambilan keputusan 31 Jumlah Layanan Yang Telah Memanfaatkan Sistem Informasi (Aplikasi) 31 40 45 50 55 60
12
Meningkatnya kuantitas dan kualitas tenaga pendidik
32 Rasio Dosen dan Mahasiswa 1:18 1:20 1:23 1:25 1:27 1:30
33 Rasio Jumlah Dosen Tetap Terhadap Jumlah Dosen 1:1,076 (118/127) 1:1,067 (119/127) 1:1,067 (119/127) 1:1,067 (119/127) 1:1,067 (119/127) 1:1,067 (119/127)
34 Persentase Dosen Berpendidikan S3 27,96% 33.86% 35.43% 37.80% 46.46% 51.97%
35 Persentase Dosen Dengan Jabatan Guru Besar 0,8% (1 dari 118) 5.08% 6.78% 12.71% 14.41% 22.03%
36 Persentase Dosen Dengan Jabatan Lektor Kepala 19,32% 31.36% 33.05% 34.75% 36.44% 41.53%
37 Persentase Dosen Bersertifikat Pendidik 80,50% 83.90% 94.92% 96.61% 98.31% 99.15%
38 Persentase Dosen yang memiliki pengalaman bekerja di industri atau lembaga profesi minimal 1 tahun dan/atau bekerja di luar negeri minimal 1 tahun 0 0 0 0 0 0
13
Meningkatnya kuantitas dan kualitas tenaga kependidikan
39 Persentase Tenaga Kependidikan dengan Sertifikat Kompetensi 36,36% (8 dari 22) (2 dari 22) (6 dari 22) (6 dari 22) (6 dari 22) (6 dari 22)
40 Jumlah Pejabat Fungsional Pustakwan            
41 Jumlah Pejabat Fungsional Arsiparis 0 0 1 1 2 2
42 Jumlah Pejabat Fungsional Laboran 1 1 1 2 3 5
14
Meningkatnya kemampuan mahasiswa untuk mengembangkan potensi diri sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan
43 Jumlah Prestasi Mahasiswa di Tingkat Wilayah,
46 orang
46
48
50
52
53
44 Jumlah Prestasi Mahasiswa di Tingkat Nasional
45 Jumlah Prestasi Mahasiswa di Tingkat Internasional 0 0 0 0 0
46 Jumlah Medali yang diperoleh dari kejuaraan ditingkat nasional dan internasional n/a 1 1 1 2 2
15
Terwujudnya sistem / mekanisme layanan
47 Jumlah Layanan yang Menggunakan sistem Informasi pada Biro Kemahasiswaan dan Akademik            
48 Jumlah Layanan yang Menggunakan sistem Informasi pada Biro Umum dan Keuangan            
49 Jumlah Layanan yang Menggunakan sistem Informasi pada Biro Perencanaan, Kerjasama dan Humas            
16
Terselenggaranya kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak di dalam dan luar negeri
50 Jumlah Mitra Kerjasama dengan Perguruan Tinggi luar negeri 2 3 3 3 3 3
51 Jumlah Mitra Kerjasama dengan Perguruan Tinggi dalam negeri 1 1 1 1 1 1
52 Jumlah Lembaga Mitra Instansi Pemerintah Pusat n/a 0 0 0 1 1
53 Jumlah Lembaga Mitra Instansi Pemerintah Daerah 7 7 10 10 10 12
54 Jumlah Lembaga swasta / Industri Mitra Kerjasama 3 3 3 3 4 5
55 Nilai Kontrak Kerjasama Dengan Industri Mitra Rp 1,729,019,000 90.000 USD 90.000 USD 90.000 USD 100.000 USD 100.000 USD

Indikator Kinerja Fakultas Tahun 2020

(Indikator Kinerja per-Triwulan)

NO
SASARAN
No
INDIKATOR
BASELINE 2020 CAPAIAN
2019 Target Triwulan I Triwulan II Triwulan III
1
Meningkatnya mutu / kualitas layanan manajemen dan proses pendidikan dan pengajaran
1 Jumlah Program Studi Terakreditasi A 0 0 0 0 0
2 Jumlah Program Studi Terakreditasi B 7 7 7 7 7
3 Jumlah Program Studi Terakreditasi Unggul 0 0 0 0 0
4 Jumlah Program Studi Terakreditasi Internasional 0 0 0 0 0
5 Jumlah Laboratorium Terakreditasi 0 0 0 0 0
6 Jumlah Bahan Ajar (Buku / Modul ) 23 25 0 16 29
2
Meningkatnya kualitas pembelajaran dan lulusan yang berdaya saing regional
7 Masa Studi Lulusan S0          
8 Masa Studi Lulusan S1 4.7125 4.60 5.01 4.98 4.8
9 Masa Studi Lulusan S2 4.66 4.00 2.98 2.98 2.62
10 Jumlah mahasiswa yang mengikuti kegiatan Merdeka Belajar 0 28 0 0 37
11 Persentase Lulusan Bersertifikat Kompetensi dan Profesi 100.0% 100% 100% 100% 100%
12 Jumlah Mahasiswa yang Berwirausaha 2 2 0 5 5
13 Jumlah mahasiswa dan/atau lulusan yang berhasil menjadi wirausaha n/a 1% 30 org 30 org 30 org
14 Persentase Lulusan Yang Langsung Bekerja dlm jangka waktu 1 tahun setelah lulus n/a 95% 95% 95% 95%
3 Meningkatnya pencitraan / status 15 Klaster Kelembagaan LPPM          
4
Meningkatnya jumlah judul dan dosen yang terlibat melaksanakan penelitian dan jumlah penelitian yang bermutu
16 Jumlah Penelitian Yang Dimanfaatkan Masyarakat 1 3 0 0 0
17 Jumlah Prototype Industri 0 1 0 0 0
18 Jumlah Prototype R & D 0 1 0 0 0
5
Meningkatnya jumlah publikasi hasil penelitian pada pertemuan ilmiah dan jurnal nasional serta internasional
19 Jumlah Jurnal Bereputasi Terindeks Nasional 7 jurnal 0 0 0 3
20 Jumlah Jurnal Bereputasi Terindeks Global n/a 0 0 0 0
21 Jumlah Publikasi Internasional 7 Judul 10 0 0 1
22 Jumlah Sitasi Karya Ilmiah n/a 0 0 0 0
6
Meningkatnya hasil penelitian dosen yang mendapat HAKI
23 Jumlah HKI Yang didaftarkan 4 5 0 0 0
24 Jumlah HKI Yang Mendapatkan Patent, Hak Cipta, Hak Merek dll 0 0 0 0 0
7 Meningkatnya hasil penelitian inovatif 25 Jumlah Produk Inovasi 0 2 0 0 0
8
Meningkat dan berkembangnya jumlah pusat – pusat penelitian
26 Jumlah Pusat Unggulan Iptek (PUI)          
27 Jumlah Pusat Studi Penelitian          
28 Jumlah Pusat Studi Pengabdian          
9 Meningkatnya kuantitas dan kualitas pengabdian pada masyarakat yang dapat mengoptimalkan potensi / keunggulan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat 29 Jumlah Pengabdian Kepada Masyarakat 45 judul 45 0 38 5
10 Implementasi konsep Lingkungan Lahan Basah oleh semua pemangku kepentingan 30 Jumlah Program Studi Yang Memasukkan Muatan Kurikulum Program Unggulan Lingkungan Lahan Basah (LLB) 9 9 9 9 9
11 Terimplementasinya sistem informasi manajemen berbasis ICT yang mendukung operasional dan sistem pengambilan keputusan 31 Jumlah Layanan Yang Telah Memanfaatkan Sistem Informasi (Aplikasi) 31 40 34 37 40
12
Meningkatnya kuantitas dan kualitas tenaga pendidik
32 Rasio Dosen dan Mahasiswa 1:18 1:20 1:18 1:18 1:21
33 Rasio Jumlah Dosen Tetap Terhadap Jumlah Dosen 1:1,076 (118/127) 1:1,067 (119/127) 1:1,077
(116/125)
34 Persentase Dosen Berpendidikan S3 27,96% 33.86% 32.76%
35 Persentase Dosen Dengan Jabatan Guru Besar 0,8%
(1 dari 118)
5.08% 2.59%
36 Persentase Dosen Dengan Jabatan Lektor Kepala 19,32% 31.36% 20.69%
37 Persentase Dosen Bersertifikat Pendidik 80,50% 83.90% 80.17%
38 Persentase Dosen yang memiliki pengalaman bekerja di industri atau lembaga profesi minimal 1 tahun dan/atau bekerja di luar negeri minimal 1 tahun 0 0 0 0 0
13
Meningkatnya kuantitas dan kualitas tenaga kependidikan
39 Persentase Tenaga Kependidikan dengan Sertifikat Kompetensi 36,36% (8 dari 22) (2 dari 22) (0 dari 22) (0 dari 22) (0 dari 22)
40 Jumlah Pejabat Fungsional Pustakwan          
41 Jumlah Pejabat Fungsional Arsiparis 0 0 0 0 0
42 Jumlah Pejabat Fungsional Laboran 1 1 0 0 1
14
Meningkatnya kemampuan mahasiswa untuk mengembangkan potensi diri sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan
43 Jumlah Prestasi Mahasiswa di Tingkat Wilayah,
46 orang
7 0 0 0
44 Jumlah Prestasi Mahasiswa di Tingkat Nasional 35 0 0 35
45 Jumlah Prestasi Mahasiswa di Tingkat Internasional 4 0 0 4
46 Jumlah Medali yang diperoleh dari kejuaraan ditingkat nasional dan internasional n/a 1 0 0 0
15
Terwujudnya sistem / mekanisme layanan
47 Jumlah Layanan yang Menggunakan sistem Informasi pada Biro Kemahasiswaan dan Akademik          
48 Jumlah Layanan yang Menggunakan sistem Informasi pada Biro Umum dan Keuangan          
49 Jumlah Layanan yang Menggunakan sistem Informasi pada Biro Perencanaan, Kerjasama dan Humas          
16
Terselenggaranya kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak di dalam dan luar negeri
50 Jumlah Mitra Kerjasama dengan Perguruan Tinggi luar negeri 2 3 3 3 3
51 Jumlah Mitra Kerjasama dengan Perguruan Tinggi dalam negeri 1 1 0 0 7
52 Jumlah Lembaga Mitra Instansi Pemerintah Pusat n/a 0 0 0 1
53 Jumlah Lembaga Mitra Instansi Pemerintah Daerah 7 7 0 0 5
54 Jumlah Lembaga swasta / Industri Mitra Kerjasama 3 3 0 0 4
55 Nilai Kontrak Kerjasama Dengan Industri Mitra Rp 1,729,019,000 90.000 USD 90.000 USD 90.000 USD 90.000 USD

 

Indikator Kinerja Fakultas Tahun 2019

(Indikator Kinerja per-Triwulan)

No
Indikator Kinerja Fakultas
2019
Triwulan I
Triwulan II
Triwulan III
Triwulan IV
1Jumlah mahasiswa yang berwirausaha30022
2% lulusan bersertifikat kompetensi & profesi3%14,1%100.0%100.0%100.0%
3% prodi terakreditasi minimal B90%60%60%60%70%
4% lulusan langsung bekerja sesuai bidang70%84,2%76,9%76,9%76,9%
5Jumlah mahasiswa berprestasi25 Orang20 orang25 orang46 orang46 orang
6Persentase lulusan tepat waktu30 %52.06%53,81%47,10%49,91%
7Rata-rata lama studi lulusan D3
8Rata-rata lama studi lulusan S14,25 tahun4,59 tahun4.73 tahun4.74 tahun4.27 tahun
9Rata-rata lama studi lulusan S23,10 tahun4,72 tahun4.79 tahun4.94 tahun4.19 tahun
10Rangking PT Nasional
11Akreditasi Institusi
12Jumlah Pusat Unggulan Iptek (PUI)
13Persentase prodi terakreditasi unggul
14Klaster kelembagaan LPPM ULM
15Persentase dosen berkualifikasi S329 %30,2%27,73%28,57%27,96%
16Persentase dosen bersertifikat pendidik90%86,8%80,67%80,67%80,50%
17publikasi internasional (jurnal int bereputasi)7 Judul2 Judul4 Judul7 Judul7 Judul
18publikasi nasional (jurnal nas terakreditasi)14 Judul14 Judul17 Judul19 Judul19 Judul
19penelitian yang dimanfaatkan masyarakat31111
20Jumlah HKI yang didaftarkan52244
21Jumlah sitasi karya ilmiah
22Jumlah prototype R&D
23Jumlah prototype industri
24Jumlah bahan ajar140232323
25Jumlah pengabdian pada masyarakat20 Judul027 Judul27 Judul45 judul
26Jumlah produk inovasi
27Rasio jumlah dosen terhadap mahasiswa< 1 : 301 : 18,251 : 17,851 : 17,851:18
28Rasio dosen tetap terhadap jumlah dosen1 : 1,15 (115 dari 140)1:1,23 (106/131)1:1,075 (119/128)1:1,075 (119/128)1:1,076 (118/127)
29Persentase dosen dengan jabatan LK25%18,9%18,48%19,32%19,32%
30Persentase dosen dengan jabatan GB1% (3 dari 115)1,9% (2 dari 106)1,9% (2 dari 106)1,9% (2 dari 106)0,8% (1 dari 118)
31% tendik dgn sertifikat kompetensi20% (6 dari 22)9,09% (2 dari 22)31,8% (7 dari 22)31,8% (7 dari 22)36,36% (8 dari 22)