Program Studi Teknik Sipil di bawah naungan Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat (FT ULM) memberikan kesempatan kepada para lulusan SMA/sederajat yang terbaik untuk mendapatkan pendidikan dan keahlian di bidang Teknik Sipil pada tingkat sarjana (S1). Dan saat ini Program Studi Teknik Sipil meraih peringkat Akreditasi B

Visi Program Studi Teknik Sipil
Menjadi pusat pendidikan teknik sipil berdaya saing tinggi yang mempunyai keunggulan dalam bidang teknologi di daerah rawa.

Misi Program Studi Teknik Sipil

  1. Menyelenggarakan pendidikan teknik sipil yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dalam kompetisi global.
  2. Mengembangkan ilmu teknik sipil melalui kegiatan penelitian khususnya bidang teknologi di daerah rawa yang berorientasi kepada pemenuhan kebutuhan masyarakat.
  3. Menerapkan ilmu teknik sipil khususnya teknologi di daerah rawa secara aktif melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada pembangunan dan kesejahteraan masyarakat

Kurikulum Program Studi Teknik Sipil

Kurikulum 2013, silabus dan materi pengajaran disusun dengan mengacu kepada Kurikulum Nasional dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yaitu Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT), Kerangka Kualifikasi nasional Indonesia (KKNI), Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Badan Musyawarah Pendidikan Tinggi Teknik Sipil Seluruh Indonesia (BMPTTSI) dan Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET). Untuk menyelesaikan program sarjana (S1) mahasiswa harus menyelesaikan sebanyak 144 sks, dengan MK wajib 130 sks dan pilihan 14 sks selama 8 semester.

Program Studi Teknik Sipil telah beberapa kali memperbaharui Status Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dan berdasarkan Keputusan BAN-PT nomor : 1122/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2015

Program Studi Teknik Sipil kembali meraih peringkat “B” dengan masa berlaku sejak tanggal 31 Oktober 2015 sampai 14 Oktober 2020 . Sebelumnya, Program Studi Teknik Sipil juga meraih status terakreditasi “B” berdasarkan Keputusan BAN-PT Nomor : 051/BAN-PT/Ak-XIII/S1/III/2011 mulai 11 Maret 2011 hingga 11 Maret 2016.