Banjarbaru. 12 Oktober 2024.

Prodi Rekayasa Geologi Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengadakan kegiatan penyerahan anggrek dendrobium hybrid  dan penanaman anggrek spesies lokal geopark meratus jenis baru yang diberi nama ‘DENDROBIUM  GEOLOGI FT ULM SOUTH BORNEO’ di Engineering Techno Park (ETP) Fakultas Teknik ULM Banjarbaru.

‘DENDROBIUM GEOLOGI FT ULM SOUTH BORNEO’ dipatenkan secara internasional di Royal Horticultural Society (RHS) London oleh Mahasiswa Prodi Rekayasa Geologi FT ULM, Philip Recardo Sugiwan (NIM. 2310818310010) dan menjadikan Prodi Rekayasa Geologi FT ULM sebagai prodi pertama yang memiliki nama anggrek di Kalimantan yang telah dipatenkan secara internasional.

Dekan FT ULM Prof. Dr. Ir. Iphan Fitrian Radam, ST., MT., IPU. menyampaikan dalam sambutannya bahwa “Anggrek merupakan salah satu tumbuhan endemik Indonesia yang memiliki banyak keragaman dan tersebar luas di Geopark Meratus Kalsel.  Kami dari Fakultas Teknik ULM sangat mendukung dengan pengembangan dan konservasi anggrek untuk melastarikan anggrek-anggrek Geopark.

Fakultas Teknik ULM dengan pendampingan dari Dewan Pecinta Anggrek Indonesia (PAI)  Kalsel melibatkan mahasiswa dan para dosen untuk mengembangkan anggrek spesies lokal di lingkungan FT ULM dan Geopark Meratus.  Dalam kesempatan itu, Ketua Dewan PAI Kalsel menyerahkan anggrek dendrobium hybrid tersebut.  “Anggrek dendrobium hybrid yang diberi nama ‘DENDROBIUM  GEOLOGI FT ULM SOUTH BORNEO’ adalah anggrek dendrobium jenis baru,” kata Ketua DPD PAI Kalsel, Arinda Dian Susanti.  Turut berhadir dalam acara tersebut Sekretaris Prodi Rekayasa Geologi Rudy Hendrawan Noor, S.T., M.T. , dosen Arica Nefia, S.T., M.T. dan para mahasiswa Prodi Rekayasa Geologi FT ULM.

Dekan FT ULM dan Ketua DPD PAI KALSEL beserta anggota, berharap acara ini menjadi Penyemangat bagi para mahasiswa rekayasa geologi untuk melestarikan dan juga merawat anggrek spesies lokal geopark meratus yang menjadi salah satu bunga puspa Indonesia kami berharap tidak cuma prodi rekayasa geologi tapi untuk seluruh universitas  lambung mangkurat untuk menjadi kampus anggrek pertama di pulau kalimantan.