Banjarbaru, 29 Juli 2024 – Fakultas Teknik ULM, Program Studi Teknik Lingkungan terus berupaya untuk ikut berkomitmen dalam merealisasikan konsep green campus melalui berbagai kegiatan  meliputi penelitian pengabdian dosen prodi yang berkaitan dengan pengelolaan limbah dan kegiatan yang melibatkan organisasi mahasiswa (ormawa). Diantara program pemberdayaan organisasi mahasiswa  adalah pengembangan Bank Sampah Ratik Community untuk membantu meningkatkan pengelolaan sampah kampus.

Penelitian Terbaru

Implementasi green campus melalui penelitian unggulan yang sedang dilakukan oleh dosen Teknik Lingkungan Fakultas Teknik ULM.   Terkait pemanfaatan limbah diantaranya memanfaatkan biochar dari tandan kosong kelapa sawit untuk pengolahan air limbah sasirangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik biochar berbahan dasar Kayu Galam dan menganalisis nilai kandungan BOD, COD, TSS dan Amonia pada air limbah sasirangan setelah dilakukan proses adsorpsi menggunakan adsorben biochar berbahan dasar kayu galam.

Manfaat penelitian ini adalah pengayaan teori adsorpsi menggunakan limbah kayu galam sebagai adsorben alami dalam mengolah air limbah. Penelitian ini dapat dijadikan landasan awal untuk mengetahui potensi biochar berbahan dasar kayu galam sebagai adsorben.

Penelitian lain yang juga berperan penting dalam mendukung green campus telah dituliskan menjadi jurnal dengan judul Pilot Project Inovasi Gabungan Komposter dengan Pencacah (Tong Komposter Pencacah) untuk Mengolah Sampah Organik Rumah Tangga dan Inovasi Pengembangan Tong Komposter Pencacah (Tongposcah) Sampah Organik Skala Kawasan.

Program Pengabdian

Implementasi green campus berikutnya pada pengabdian kepada masyarakat yang didanai oleh LPPM melalui DIPA ULM. Satu diantaranya melalui program yang dilakukan di TPS 3R Sekumpul yang berada di Kabupaten Banjar.  Dimulai dari pemilahan sampah organik yang potensial menjadi bahan kompos. Meskipun masih mengalami kendala pengelolaan terutama dalam aspek kelembagaan dan belum maksimalnya pengolahan sampah organik yang masuk ke TPS3R.

Pada tahun 2022 yang lalu, telah dilakukan penyerahan 3 tong komposter sampah organik dalam mengolah sampah organik rumah tangga yang  masuk ke TPS3R. Kegiatan  ini  melibatkan  peran  serta pengelola. Metode pelaksanaan program meliputi perencanaan dan persiapan, pelaksanaan pembuatan tong komposter, penjelasan penggunaan alat tong komposter, prosedur pembuatan kompos, evaluasi produk kompos, dan evaluasi program.

Tahun 2024 Prodi Teknik Lingkungan kembali mendapatkan pendanan pengabdian oleh LPPM  dengan judul program Gerakan Pelestarian Lingkungan Ruang Terbuka Hijau melalui Sosialisasi Pemilahan Sampah dan Pendirian Bank Sampah di Kelurahan Bangkal Banjarbaru dan Bimbingan Teknis Evaluasi Kinerja Sistem Lahan Basah Buatan dalam Mengolah Limbah Cair Sasirangan.

Kegiatan Menabung Sampah di Bank Sampah di Prodi Teknik Lingkungan

Realisasi green campus lainnya di FT ULM adalah Bank Sampah Ratik Community yang merupakan badan usaha milik Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (Hima TL) melalui jasa pelayanan penukaran sampah berupa sampah plastik, kertas, kardus, dan minyak jelantah yang dapat ditukarkan dengan uang dalam bentuk saldo tabungan yang bisa dicairkan.

Bank Sampah Ratik Community  bukan hanya sekadar tempat untuk menukarkan sampah dengan nilai ekonomis namun bertujuan juga untuk meningkatkan kesadaran khususnya mahasiswa dalam mengelola dan memilah sampah yang dihasilkan. Alur penabungan Bank Sampah Ratik Community antara lain:

  • Membawa data diri ke ETP sesuai dengan jadwal operasional Bank Sampah
  • Nasabah akan diberikan Buku Tabungan untuk mencatat riwayat transaksi
  • Keanggotaan nasabah gratis dan tidak dipungut biaya

Dalam 6 bulan terakhir tahun 2024 ini dengan kurang lebih 200 nasabah aktif, total sampah yang masuk adalah :

  • Kertas : 630 KG
  • ⁠Buku : 405 KG
  • ⁠Kardus : 390 KG
  • ⁠Botol Plastik : 50 KG
  • ⁠Minyak Jelantah : 123 L

Informasi tentang harga sampah dan operasional Bank Sampah Ratik Community ada di instagram @ratik_community

Dampak Positif

Diharapkan kegiatan penelitian, pengabdian dan kegiatan organisasi mahasiswa yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Teknik Lingkungan dapat memberikan dampak bagi komitmen green campus baik di kampus maupun di masyarakat umum. Tentunya meningkatnya kesadaran dari berbagai pihak tentang pentingnya menjaga lingkungan untuk kehidupan sekarang dan generasi berikutnya menjadi poin utama yang harus dicapai disetiap kegiatan. Sehingga tidak hanya sekedar kegiatan yang terlaksana saat itu saja tetapi merupakan kegiatan yang berkelanjutan bagi upaya mendukung green campus.

Penulis: Dr. Rizqi Puteri Mahyudin, S.Si., M.S.

Koordinator Prodi Teknik Lingkungan FT ULM

#universitaslambungmangkurat #fakultasteknikuniversitaslambungmangkurat #ftulm #ftitukeren #greencampus