VI. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
Inovasi di Area Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik:
(1) Inovasi: semua layanan adalah dibangun sendiri (tailor made, free apps, dan online).
(2) Perubahan:
- Informasi menjadi lebih mudah diketahui dan diketahui oleh masyarakat
- Efisiensi waktu, tenaga, dan biaya (cetak, bahan, pengiriman) dalam setiap layanan
- Evaluasi kepuasan (IKM) lebih terukur dan memudahkan dalam peningkatan layanan
(3) Dampak terhadap pelayanan publik: kemudahan mengakses layanan dan memperoleh informasi.
1. Standar Pelayanan
Acuan: KepMen PAN No. 63/KEP/M.PAN/2003 ttg Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik
Acuan: SK Rektor No.1450/UN8/HM/2018 Tanggal 5 Oktober 2018 ttg Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Biro Perencanaan, Kerjasama, dan Hubungan Masyarakat ULM.
SK Dekan Fakultas Teknik No. 137/UN8.1.31/HM/2020 tentang Standar Pelayanan Publik di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat
Dokumen Standar Pelayanan Publik (SPP) di lingkungan Fakultas Teknik
Standar Pelayanan Legalisir Ijazah
Standar Pelayanan Legalisir Transkrip Akademik
Standar Pelayanan Legalisir Sertifikat Akreditasi Program Studi
Standar Pelayanan Permintaan Surat Keterangan Masih Kuliah
Standar Pelayanan Permintaan Surat Keterangan Pengganti Transkrip Akademik
Standar Pelayanan Permintaan Tenaga Ahli/Narasumber
Dokumen Laporan Evaluasi SOP (2019) oleh Unit Penjaminan Mutu FT
2. Budaya Pelayanan Prima
Kegiatan sosialisasi / pelatihan rutin dalam upaya penerapan Budaya Pelayanan Prima dilakukan oleh Fakultas Teknik.
Informasi layanan diakses melalui website FT dan IG FT
- Sistem reward sudah mulai dilaksanakan melalui promosi jabatan dan bantuan fasilitas kerja.
- Sistem punishment saat ini masih bersifat/diutamakan dengan cara pembinaan kepada pelaksana layanan jika layanan tidak sesuai standar karena proses Pembangunan ZI masih pada tahap awal.
- FT telah menyediakan 39 layanan (internal) secara terpadu dalam 1 menu layanan: https://ft.ulm.ac.id/id/layanan/
- FT telah mengkoordinasikan seluruh informasi layanan penggunaan ruang https://ft.ulm.ac.id/id/sarpras/kalender-sarpras/
- FT telah mengintegrasikan seluruh jadwal kegiatan https://ft.ulm.ac.id/id/profil/agenda/
- FT telah mengintegrasikan seluruh layanan persuratan (disposisi, surat tugas, surat keluar, hingga perizinan)
Inovasi pelayanan di lingkungan FT adalah:
1. Sistem kerja kolaboratif (Cloud & online).
- -Data tunggal (sumber yang sama)
- -Data bersama (saling mengisi)
- -Standar hasil kerja (seragam)
2. Pemanfaatan aplikasi G-Suite for Edu dalam pelayanan administrasi.
- -Sudah familiar (Docs; Sheet; Slide)
- -Tailor made berdasar tupoksi.
- -Solusi sesuai masalah (aplikasi tumbuh)
- -Bebas biaya (Rp.0,-)
- -Efisiensi waktu.
3. Sistem akun tunggal dan terintegrasi (@ulm.ac.id).
- -Database terpusat (Drive & Server FT)
- -Kemudahan koordinasi (label; group)
- -Kecepatan penyampaian informasi (email)
4. Paperless Policy –> (disposisi)
- -Layanan 24×7 (kapan & dimana saja)
- -Kontrol proses mudah dan cepat (dapat ditelusuri setiap saat & pencarian mudah)
5. Pelayanan Dosen & Tendik online
- -Layanan 24×7 (kapan & dimana saja)
- -Memudahkan pelaporan (kinerja)
- -Analisis (kinerja)
3. Penilaian kepuasan terhadap pelayanan
Acuan: PermenPAN RB No. 14 Tahun 2017 ttg Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.
- Survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di ULM dilakukan oleh unit bagian Humas ULM.
- Survei dilaksanakan tiap tahun sejak tahun (2016 hingga 2019).
- Pada Fakultas Teknik, survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di FT difokuskan pada: Pengguna Lulusan FT, Mitra Kerjasama FT, Alumni FT, dan juga orang tua mahasiswa.
Survei Kepuasan Layanan: https://ft.ulm.ac.id/id/survey-kepuasan-layanan/
Hasil survey kepuasan masyarakat (Indeks Kepuasaan Masyarakat) dapat diakses secara terbuka melalui website ULM (2016 – 2019): http://bpkh.ulm.ac.id/survei-kepuasan/
Hasil survey kepuasan masyarakat untuk pelayanan di Fakultas Teknik dapat diakses secara terbuka melalui website FT:
https://ft.ulm.ac.id/id/tracer/
https://ft.ulm.ac.id/id/statistik-layanan/
Jumlah Pengisi Survey (Juni 2020)
Distribusi Nilai Persepsi Unsur-Unsur Pelayanan (Juni 2020)
IKM Unit Pelayanan (Juni 2020)
Tindak lanjut atas hasil survey kepuasan masyarakat adalah adanya penambahan jumlah layanan (aplikasi) sesuai kebutuhan proses bisnis, kemudahan alur pelayanan dan sinkronisasi proses, memperbanyak informasi yg tersedia dan dapat diakses, termasuk semua materi yang dibutuhkan dapat diperoleh dari satu lokasi.