I. Manajemen Perubahan

Inovasi, Perubahan, dan Dampak Perubahan

Inovasi,  perubahan, dan dampak perubahan:

(1) Bentuk inovasi:

(2) Perubahan: 

  • Pola pikir: fakultas sudah dipahami sebagai unit pengelola administrasi akademik. 
  • Mekanisme kerja: kolaboratif dengan akun @ulm.
  • Budaya kerja: standarisasi layanan. 

(3) Dampak terhadap pelayanan publik: waktu yang cepat; kemudahan mengakses layanan; dan murah.

1. Tim Kerja

1.a. Tim Pembangunan Zona Integritas

Tim Kerja Fakultas (SK Dekan No. 133 Tahun 2020) dibentuk untuk melengkapi Tim Zona Integrasi tingkat universitas (SK Rektor No. 1552 Tahun 2019) . Tim diketuai langsung oleh Dekan FT untuk menjamin seluruh civitas FT dapat terlibat. Tim terdiri dari unsur civitas akademika di Fakultas Teknik: pimpinan, dosen, dan tenaga kependidikan. Terdapat 6 manajer area reformasi sebagaimana di dalam PermenPANRB No 52 tahun 2014. 

1.b. Mekanisme Pembentukan Tim

Tim dipilih berdasar 3 kriteria: (1) kedekatan dengan tupoksi sehari-hari untuk menjamin kesesuaian kompetensi; (2) memiliki dedikasi yang ditunjukkan dari IK individu [SKP]; dan (3) memiliki rekam jejak yang bagus sebagai ASN yang ditunjukkan dari CV.

Prosedur pemilihan melalui seleksi (Form penilaian) oleh pimpinan fakultas berdasar 3 kriteria tsb. Terlampir CV masing-masing tim.

2. Dokumen Rencana Pembangunan Zona Integritas

2.a. Dokumen Rencana Kerja Pembangunan Zona Integritas
2.b. Monitoring Kegiatan Sosialisasi: Rapat Koordinasi
  • Target prioritas disusun sesuai tujuan pembangunan WBK/WBBM dengan pentahapan mulai 2020 sd 2024.
  • Target Rencana Kerja
2.c. Monitoring Kegiatan Sosialisasi: Poster, Website FT, Instagram FT

Kegiatan sosialisasi telah dilakukan melalui: 

(1) Pertemuan rutin rapat koordinasi pimpinan FT dan kegiatan pertemuan lainnya. https://ft.ulm.ac.id/id/dokumen-bukti/

  1. Rapim FT tgl 13 Mei 2020.
  2. Rapim FT tgl 20 Mei 2020. 
  3. Rapim FT tgl 22 Juni 2020. 

(2) Poster berukuran 3 x 8 m diletakkan di depan kampus;

(3) Sosialisasi juga dilakukan melalui Website FT 

(4) Media sosial – INSTAGRAM FT

Poster: Kampus FT Banjarmasin

Banner di Kampus FT Banjarmasin

Read More

Poster: Kampus FT Banjarbaru

Banner di Kampus FT Banjarbaru

Read More

Banner Pencanangan di Website FT

Banner Pencanangan Zona Integritas ULM

Read More

Berita Pencanangan di Website FT

Berita Pencanangan Zona Integritas ULM

Read More

Banner di Website FT

Sosialisasi Banner di Website FT

Read More

Post di Instagram FT

Sosialisasi Banner di Instagram FT

Read More

Post di Instagram FT

Sosialisasi Pencanangan ZI di Instagram FT

Read More
2.c. Monitoring Kegiatan Sosialisasi

Jumlah Pengisi Survey (Juni 2020)

Hasil Survey (Juni 2020)

 

Evaluasi hasil monitoring:

  • Evaluasi hasil monitoring: Berdasar Hasil monitoring diperoleh gambaran bahwa sebagian besar civitas telah mengetahui adanya program Pembangunan ZI di ULM maupun di  FT. Selain itu seluruh civitas menyatakan komitmen untuk mendukung pembangunan ZI. 
  • Tindak lanjut: -Sosialisasi pembangunan ZI di FT sudah efektif terbukti dari hasil monitoring tergambar sebagian besar civitas FT telah mengetahui bahwa FT sedang melaksanakan pembangunan ZI dan juga dari komitmen dukungan sivitas.

3. Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM

Tahapan Pembangunan ZI di ULM dan FT telah berjalan, diawali dengan kegiatan Pencanangan; sementara tahapan lain sesuai Rencana Kerja/Aksi berjalan secara simultan oleh seluruh civitas. Acara Pencanangan Pembangunan Zona Integritas ULM tanggal 12 Juni 2020 bersama Dirjen Dikti.

Foto Kegiatan Pencanangan

Foto Kegiatan Pencanangan ZI ULM

Read More

Foto Kegiatan Pencanangan

Foto Kegiatan Pencanangan ZI ULM

Read More

Berita Kegiatan Pencanangan

Berita Kegiatan Pencanangan ZI ULM

Read More

Video Kegiatan Pencanangan

Video rekaman kegiatan pencanangan ZI ULM

Read More
3.a. Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan sesuai rencana

Progres kegiatan pembangunan Zona Integritas dan capaian (Periode 15 Mei – 15 Juni 2020):

  1. Manajemen Perubahan : Pembentukan Tim Kerja Pembangunan ZI.
  2. Penataan Tata Laksana : Updating Peta Proses Bisnis dan SOP
  3. Penataan Sistem Manajemen SDM : Evaluasi indikator dan target kinerja, pembangunan sistem informasi.
  4. Penguatan Akuntabilitas Kinerja : Optimalisasi layanan yang ada kepada civitas
  5. Penguatan Pengawasan :Tersusunnya Peta Risiko, Benturan Kepentingan, Internalisasi Gratifikasi.

Penguatan Kualitas Pelayanan Publik : Fokus pelayanan pada civitas FT (internal) dan bertahap sudah tersedia 6 SPP untuk layanan publik.

3.b. Monitoring dan evaluasi terhadap Pembangunan Zona Integritas
  • Monitoring dilaksanakan melalui rapat koordinasi rutin pimpinan dan tim [Penjelasan sebagaimana poin 2.c. di atas]
  • Hasil evaluasi (Laporan Bulan #1 Periode 15 Mei – 15 Juni 2020)

Laporan disajikan / disosialisasikan melalui website FT:  https://ft.ulm.ac.id/id/pembangunan-zona-integritas/

3.c. Tindak Lanjut hasil Monitoring dan Evaluasi
  • Tindak lanjut hasil monitoring adalah kegiatan simultan dan terus-menerus oleh seluruh civitas FT untuk melengkapi dokumen yang tidak lengkap dan juga memperbaharui dokumen yang memerlukan pembaharuan. 
  • Termasuk dalam tindak lanjut adalah mentransformasikan seluruh proses pembangunan ZI menggunakan teknologi informasi

4. Perubahan pola Pikir dan Budaya Kerja

4.a. Peran pimpinan sebagai role model
  • Rekap Absensi Kehadiran sebagai bukti pimpinan berperan sebagai role model dalam pelaksanaan Pembangunan WBK/WBBM.
  • Kegiatan Fakultas Teknik yang dipimpin oleh dekan dan/atau  wakil dekan:

Pimpinan FT sebagai role model dalam melaksanakan kerjasama Luar Negeri dengan KEWP (Korea East-West Power. Co. Ltd) dalam pengembangan Program Smart Building berbasis Efisiensi Energi di kampus FT.

Pimpinan FT sebagai role model dalam melaksanakan pengabdian masyarakat melalui Program Sipil Untuk Negeri (SUN) yang dilaksanakan setiap tahun. Untuk tahun 2019 kegiatan dilaksanakan dengan membangun Sekolah Madrasah di Desa.

Pimpinan FT sebagai role model dalam melaksanakan kegiatan LKMM TD (Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar) berupa serangkaian kegiatan bakti sosial di kelurahan Mentaos Kota Banjarbaru (2019).

Pimpinan FT sebagai role model dalam melaksanakan kegiatan partisipasi FT dalam pembangunan Kota Banjarbaru melalui kegiatan ARCHDay2019.

4.b. Penetapan Agen Perubahan
  • SK Dekan No. 134/UN8.1.31/WS/2020 ttg Agen Perubahan Pembangunan Zona Integritas FT
  • Agen perubahan terdiri dari unsur civitas akademika di Fakultas Teknik , terdiri dari dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.
  • Prosedur pemilihan melalui seleksi [Form penilaian] oleh pimpinan fakultas berdasar 3 kriteria tsb.  Terlampir CV masing-masing Agen Perubahan.
4.c. Membangun budaya kerja dan pola pikir di lingkungan organisasi
  • Budaya kerja dan pola pikir telah dibangun melalui rapat tepat waktu, pimpinan memberikan contoh kedisiplinan waktu dalam kehadiran dalam setiap kegiatan dan masuk kerja serta pulang kerja, tidak menerima gratifikasi apapun.
  • Setiap jadwal kuliah, kehadiran dosen tepat waktu dalam mengajar selalu dimonitoring dan dievaluasi dalam rapat.
  • Unit kerja telah diminta menyampaikan keterbukaan kepada pimpinan terkait sumber dana/pungutan yang diterima melalui layanan kerjasama dll.
  • Disetiap rapat pimpinan menyampaikan ke unit kerja untuk selalu cepat dalam melayani dan tanpa pungutan apapun.
4.d. Keterlibatan anggota organisasi dalam pembangunan Zona Integritas
  1. Prof. Yanti :  [rencana aksi
  2. Pathur Razi :  [rencana aksi
  3. Andi Asrena :  [rencana aksi]
  4. Abi Yanti :  [rencana aksi]
Pergi ke Atas